TELAAH KEBIJAKAN KESEHATAN DAN KEPERAWATAN DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DI INDONESIA

  • Dikha Ayu Kurnia Universitas Indonesia
  • Dwi Cahya Rahmadiyah Universitas Indonesia
  • Gipta Galih Widodo Universitas Indonesia
  • Imelda Imelda Universitas Indonesia
  • Jesica Pasaribu Universitas Indonesia
  • Laode Saltar Universitas Indonesia
  • Pius A. L. Berek Universitas Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8082-8198
  • Priyanto Priyanto Universitas Indonesia
  • Retno Yuli Hastuti Universitas Indonesia
  • Ria Andriani Universitas Indonesia
  • Rizky Hidayat Universitas Indonesia
  • Susanti Niman Universitas Indonesia
  • Utari Christya Wardhani Universitas Indonesia
  • Vetty Priscilla Universitas Indonesia
Keywords: kebijakan kesehatan, keperawatan, pendidikan tinggi

Abstract

Latar Belakang: Kondisi keperawatan di Indonesia masih memiliki tantangan untuk memperbaiki diri dalam menjawab tantangan jaman saat ini. Dengan demikian pendidikan tinggi keperawatan memiliki peran penting dalam kualitas asuhan keperawatan di Indonesia. Oleh karena itu insan yang tergabung didalam pendidikan tinggi keperawatan sangat diperlukan melakukan kajian kritis untuk mendukung kualitas kesehatan di Indonesia melalui kebijakan-kebijakan yang diperlukan.

            Tujuan: menelaah dan mengembangkan kebijakan keperawatan dalam lingkup pendidikan di Indonesia.

            Simpulan: Faktor determinan kesehatan pada pendidikan tinggi yaitu individu, organisasi, lingkungan dan kebijakan monitoring evaluasi kementerian pendidikan tinggi yang belum mengoptimalkan kualitas lulusan perguruan tinggi.

            Saran: Pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia masih memerlukan berbagai upaya kebijakan untuk meningkatkan mutu lulusan dan menyejahterakan lulusan keperawatan sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan stake holder sehingga perawat profesional semakin berperan dalam memberikan solusi yang berbasis keperawatan dan memiliki nilai moral bagi masalah kesehatan di Indonesia

References

Chari, R., Hogan, J., Murphy, G. 2010. Regulating Lobbying: A Global Comparison. Manchester University Press dalam Maira Martini. 2012. Influence of Interest Groups on Policy Making. U4 Anti-Corruption Resource Centre. Diakses dari http://www.u4.no/publications/influence-of- interest-groups-on-policy-making/downloadasset/2892 (30/3/2020).
Lateef1, A.M & Mhlongo1, E.M (2019). Factors Influencing Nursing Education and Teaching Methods in Nursing Institutions: A Case Study of South West Nigeria Global Journal of Health Science; Vol. 11, No. 13; 2019 ISSN 1916-9736 E-ISSN 1916-9744
Martini, Maira. (2012). Influence of interest groups on policy-making. Transparency International
Nursalam, 2014. Manajeman Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ke 4 Penerbit: Salemba Medika. Jakarta
Partao, Zainal Abidin M.M. 2006. Tekhnik lobi dan diplomasi untuk insan public relations. Jakarta: Indeks Gramedia.
Permendikbud No. 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi
Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan
Petunjuk Pelaksanaan SKPI Perbanas Institute http://www.kopertis12.or.id/2014/12/19/surat-keterangan-pendamping-ijazah-skpi.html
Sujatmoko, E (2010) Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal konstitusi, volume 7 Nomor 1
Undang Undang RI Nomer 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan
Undang Undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Dasar 1945
Undang-Undang No. 19 Tahun 2005 Tentang standard nasional Pendidikan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
Wang, C. C. (2016). Closing the gap in nursing education: Comparing nursing registration systems in Australia and China. Chinese nursing research, 3(1), 1-6.
Yuliawati, S. (2018). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 218712.
Yusuf, 2014, Konsep Pembelajaran dalam Pembelajaran Klinik Keperawatan, Makalah, Pelatihan Pembelajaran Klinik Keperawatan, tidak dipublikasikan.
Published
2021-08-07