HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN (INTELEKTUAL, EMOSIONAL, SPIRITUAL DAN SOSIAL) ANAK USIA SEKOLAH DI SDK ST. THERESIA ATAMBUA II
DOI:
https://doi.org/10.32938/jsk.v1i02.248Keywords:
penggunaan gadget, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, sosialAbstract
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu hasil dari semakin berkembangnya pengetahuan manusia yang dapat memberikan perubahan pada pola kehidupan manusia. Salah satu bentuk TI yang sering digunakan adalah Gadget. Penggunaan gadget dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif. Karena gadget menyajikan berbagai hal menarik, tak heran kini anak – anak menjadi pengguna gadget terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna gadget dan hubungan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual serta sosial anak usia sekolah yang dilihat dari segi orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif cross sectional untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan (intelektual, emosional, spiritual dan sosial). Sampel diambil menggunakan teknik acidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Uji statistik menggunakan Chi Square test yang bermakna pada P ˂ 0,05 dan diperoleh hasil yaitu pada variabel kecerdasan intelektual P = 0,042, kecerdasan emosional P = 0,044, kecerdasan spiritual P = 0,069 dan kecerdasan sosial P = 0,021. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial tetapi tidak ada hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan kecerdasan spiritual. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengawasi buah hati ketika menggunakan gadget.
References
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21 : Kritik MI, EI, SQ, AQ dan Succesful Intelligence Atas IQ. Bandung. Alfabeta (Anggta IKAPI)
Hastono, Sutanto Priyo. 2007. Analisis Data. Jakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univarsitas Indonesia
Kozier, Barbara et al. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, proses, dan praktik. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran : EGC
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. Biopsikologi Pembelajaran Prilaku. Bandung. Alfabeta
Kyle, Terri dan Susan Carman. 2014. Buku Ajar Keperawatan Pediatri.Volume 1. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran : EGC
Manumpil, Beauty et al. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. Ejurnal Keperawatan (e-Kep). Volume 3 No 2.
Misbach, Ifa Hanifah. 2008. Antara IQ, EQ dan SQ - Pelatihan Nasional Guru Se – Indonesia. Universitas Pendidkan Indonesia. Jakarta.
Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Paud Teratai. Volumpe 05, No 03.
Nurmalasari dan Devi Wulandari. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. Volume 3, No 2.
Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, Olah Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika
Riduwan, DR.,M.B.A. 2010. Belajar Mudah Penelitian:untuk Guru_ Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Saputra, Gilang Wisnu et al. 2017. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional, dan Sosial) Studi Kasus Anak –Anak. Jurnal Sistem Informasi. volume 10, No 2.
Sastroasmoro, Sudigdo & Sofyan Ismael. 2002. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Edisi 2. Jakarta. Sagung Seto
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi 1. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group
Suyadi. 2014. Teori pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian
eurosains. Bandung. PT Remaja Rusdakarya
Zakiah, Farah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal lisence You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.