HUBUNGAN MOTIVASI UNTUK MENJADI PERAWAT PROFESIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER V TINGKAT III AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN BELU TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.32938/jsk.v1i02.254Keywords:
Motivasi, Perawat profesional, Hasil belajarAbstract
Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi seorang mahasiswa karena motivasi juga ikut menentukan keberhasilan mahasiswa baik selama mengikuti pendidikan maupun setelah selesai mengikuti pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan motivasi untuk menjadi perawat profesional dengan hasil belajar pada mahasiswa semester V Akper Pemkab Belu TA 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional kuantitatif. Analisis data menggunakan uji univarat dan bivariat. Pengujian menggunakan chi-square secara komputerisasi. Hasil analis univariat: 57.9% mahasiswa memiliki motivasi intrinsik rendah, 52.9% mahasiswa memiliki motivasi ekstrinsik tinggi untuk menjadi, 52.1% mahasiswa memiliki motivasi yang rendah, 47.9% mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi, 96.7% mahasiswa memiliki rentang IP dengan kategori sangat memuaskan. Hasil analisis bivariat bahwa tidak ada hubungan antara motivasi intrinsik, ekstrinsik, dan motivasi untuk menjadi perawat profesional dengan hasil belajar.
References
Dmyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kusnanto. (2003). Pengantar Profesi dan Keperawatan Profesional. Jakarta:EGC
Notoatmojo,Soekidjo. (2001). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2003). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta: salemba Medika
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Keperwatan edisi 3. Jakarta: Salemba Medika
Nugroho,Febtian (2011). Hubungan Motivasi Untuk menjadi Perawat Profesional dengan Hasil Belajar akademik Mahasiswa Diploma Fakultas Keperawatan UPH Jakarta.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada
Uno, Hamsah. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal lisence You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.