HUBUNGAN MOTIVASI UNTUK MENJADI PERAWAT PROFESIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER V TINGKAT III AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KABUPATEN BELU TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Antonius Edi Dasi Seran RSAB Harapan Kita Jakarta
  • Gaudentiana Un Bria Universitas Timor
  • Christina Marina Meo Universitas Timor

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi seorang mahasiswa karena motivasi juga ikut menentukan keberhasilan mahasiswa baik selama mengikuti pendidikan maupun setelah selesai mengikuti pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan motivasi untuk menjadi perawat profesional dengan hasil belajar pada mahasiswa semester V Akper Pemkab Belu TA 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional kuantitatif. Analisis data menggunakan uji univarat dan bivariat. Pengujian menggunakan chi-square secara komputerisasi. Hasil analis univariat: 57.9% mahasiswa memiliki motivasi intrinsik rendah, 52.9% mahasiswa memiliki motivasi ekstrinsik tinggi untuk menjadi, 52.1% mahasiswa memiliki motivasi yang rendah, 47.9% mahasiswa  memiliki motivasi yang tinggi, 96.7% mahasiswa memiliki rentang IP dengan kategori sangat memuaskan. Hasil analisis bivariat bahwa tidak ada hubungan antara motivasi intrinsik, ekstrinsik, dan motivasi untuk menjadi perawat profesional dengan hasil belajar.

References

Budiarto, E. (2002). Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC
Dmyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kusnanto. (2003). Pengantar Profesi dan Keperawatan Profesional. Jakarta:EGC
Notoatmojo,Soekidjo. (2001). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2003). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta: salemba Medika
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Keperwatan edisi 3. Jakarta: Salemba Medika
Nugroho,Febtian (2011). Hubungan Motivasi Untuk menjadi Perawat Profesional dengan Hasil Belajar akademik Mahasiswa Diploma Fakultas Keperawatan UPH Jakarta.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada
Uno, Hamsah. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2019-07-01