GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA SISWA KELAS III- VI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD DOLOK HULUAN KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN 2021

Authors

  • Mestiana Br. Karo Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Murni Sari Dewi Simanullang Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Wenny Lestari Manalu Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v4i02.3236

Keywords:

Motivasi Belajar, Belajar Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Latar Belakang: Motivasi belajar daring merupakan faktor pendukung yang membuat seseorang mau dan dengan senang hati mengerahkan seluruh kemampuan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi kewajibannya untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Pentingnya motivasi belajar untuk anak sekolah dasar yaitu agar siswa tetap memilik motivasi untuk melanjutkan pendidikannya. Motivasi belajar siswa akan meningkat apabila mereka memiliki motivasi yang berasal dari dalam diri mereka sendiri dan adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya. Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi siswa kelas III-VI belajar daring selama pandemi Covid-19 di SD Dolok Huluan Kabupaten Simalungun Tahun 2021. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Intrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner variabel motivasi belajar daring. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi belajar daring siswa kelas III-VI selama pandemi covid-19 di SD Dolok Huluan Kabupaten Simalungn tahun 2021 mayoritas berada dalam kategori tinggi yaitu 52,2%. Kesimpulan: Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa tetap tinggi walaupun pandemi covid-19 sedang mewabah. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan untuk seluruh siswa dan tenaga kependidikan agar tetap memperhatikan motivasi belajar siswa selama menjalani pembelajaran daring.

References

Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research and Development, 34(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/07294360.2014.934336

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal Of Education, October, 131–146.

Al Baqi, S., & Setiawan, H. C. (2020). The Effectiveness of Mind-Map Method to Improve Students’ Learning Achievement Motivation and Interest on Subject Islamic Civilization at Class 4B of Institute Teacher Training Collage at Darussalam Gontor Modern Islamic Boarding School of Campus 2. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.21111/educan.v4i1.3985

Al Dhamit, Y., & Kreishan, L. (2016). Gifted students’ intrinsic and extrinsic motivations and parental influence on their motivation: from the self-determination theory perspective. Journal of Research in Special Educational Needs, 16(1), 13–23. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12048

Alawiyah, S. (2020). Manajemen Stress Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Islam Vol., 10(2), 1–11.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289.

Bartholomew, K. J., Ntoumanis, N., Mouratidis, A., Katartzi, E., Thøgersen-Ntoumani, C., & Vlachopoulos, S. (2018). Beware of your teaching style: A school-year long investigation of controlling teaching and student motivational experiences. Learning and Instruction, 53, 50–63. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.07.006

Belawati, T. (2020). Buku pembelajaran online 179.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cook, D. A., & Artino, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical Education, 50(10), 997–1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074

Destrinelli. (2017). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 124–139. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822

Ditta, A. S., Strickland-Hughes, C. M., Cheung, C., & Wu, R. (2020). Exposure to information increases motivation to learn more. Learning and Motivation, 72(August), 101668. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2020.101668

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Grove, Gray, Susan, Sutherland, & Suzanne. (2017). Burns and Grove’s The Practice of Nursing Research (Appraisal,Synthesis, and Generation of Evidence). In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis.

Hartnett, M. (2016). Maggie Hartnett Motivation in Online Education.

Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562

Indah, M. Y. N., Yanti, M. M., Arifi, Y., Pawestri, A. A. M., & Hermahayu, H. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 61–69. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11141

Kartini, I., Rohaeti, & Fatimah. (2020). Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi covid-19. 5(4), 20–23.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). MenKes/413/2020, 2019.

Khoirunnissa. (2020). Pembelajaran Online pada Masa Covid19 Sebagai Strategi Pembelajaran dan Capaian Hasil Belajar pada Siswa Kelas III B Mi Al-Ittihad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pembelajaran 2019/2020. 2507(1), 1–9.

Labrie, N., & Clément, R. (1986). Ethnolinguistic vatality, self-confidence and second proficiency: an investigation. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 7(March), 269–282.

Masri, S., Silitonga, E., Sinaga, T., & Mislika.mutia. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Di. 7(1), 73–77.

Moskovsky, C., Alrabai, F., Paolini, S., & Ratcheva, S. (2013). The Effects of Teachers’ Motivational Strategies on Learners’ Motivation: A Controlled Investigation of Second Language Acquisition. Language Learning, 63(1), 34–62. https://doi.org/10.1111/j.1467-9922.2012.00717.x

Nadia. (2020). sistem pembelajaran daring menggunakan media online pada era covid-19. Nadia, 59(5–6), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.rehab.2016.07.004
Nasrah, & Muafiah. (2018). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Riset Pendidikan Dasar, 1(April), 25–33.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Polit and Beck. (2012). Nursing Research Principles and Methods.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research Principles and Methods.

Siregar, S., Sari, R., Handayani, D., & SArtika, D. (2020). Proteksi minat dan motivasi belajar aud selama masa pandemi covid 19 di ra hidayatullah medan marelan. 64.

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerita Anak Dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 258. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3869

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic Covid -19. Jurnal Pendidikan, 5(6), 852–859.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Ummah, N. (2018). Kontribusi Petani Perempuan Dalam Peningkatan Sosial Ekonomi Keluarga Di Desa Maligas Bayu Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun. Children and Youth Services Review, 4(1), 1–9.
https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja/article/view/12619%0Ahttp://repository.usu.ac.id/handle/123456789/6732%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.104585%0Ajournal.unair.ac.id/download-fullpapers-pmnjf19af4e326full.docx%0Ahttps://doi.org/10.

Wa Ode Sulvia, L. O. N. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Maabholu Kec Loghia Kab Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(Pendidikan), 8.

Walansendow, P., Mulyadi, N., & Hamel, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Prestasi Anak Usia Sekolah Di Sd Gmim Tumpengan Sea Dua Kecamatan Pineleng. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(2), 105493.

Wong. (2017). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Additional Files

Published

2022-08-31