GAMBARAN CARING BEHAVIOR PERAWAT DI RUANGAN ISOLASI COVID-19 RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.32938/jsk.v5i01.4017Keywords:
Caring Behavior, Covid-19Abstract
Latar Belakang: Caring Behavior identik dengan sikap empati dan keramahtamahan perawat. Senyum dan sapa perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang membuat pasien merasa dipedulikan selama menjalani perawatan. Dengan diberikannya caring behavior yang layak kepada pasien yang dirawat di ruang isolasi covid akan meningkatkan kesembuhan pasien, dimana pasien isolasi merasa stress akibat karantina yang dijalaninya akan merasa terpenuhi kebutuhan fisik, emosi, spritual, dan pasien merasa nyaman dengan pelayanan keperawatan sekalipun pasien tersebut sedang diisolasi dan jauh dari keluarga. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi caring behavior perawat di Ruangan Isolasi Covid Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Metode: Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuesioner caring Karo (2018). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar kuesioner, dimana populasi dalam penelitian ini adalah rerata pasien yang sedang dirawat di ruangan isolasi covid-19 dalam waktu 3 bulan terakhir. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 41 orang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan caring behavior perawat pada kategori sangat baik 36 orang (88%), kategori baik 3 orang (7%), dan kategori cukup baik 2 orang (5%). Dapat disimpulkan bahwa caring behavior perawat di ruangan Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan dikategorikan Sangat Baik 88%. Kesimpulan: Diharapkan hasil penelitian ini menjadi motivasi kepada perawat dalam mempertahankan caring yang sudah baik menjadi semakin baik lagi.
References
Alodokter.com (2020). Fungsi Ruang Isolasi. Diakses 15 Oktober 2020 dari https://www.alodokter.com/fungsi-ruang-isolasi-di-rumah-sakit-dan-kondisi-yang-memerlukannya
Ariani, A. N. (2018). Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Pelayanan Keperawatan Nurse Caring Behavior and Satisfaction of Inpatient Patients on Nursing Services Tutu April Ariani*, Nur Aini. Jurnal Keperawatan, 9(1), 58–64. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view
Calong, K. A. C., & Soriano, G. P. (2018). Caring Behavior and Patient Satisfaction: Merging for Satisfaction. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 697–703. http://www.internationaljournalofcaringsciences.org/docs/9_1-soriano_original_10_2.pdf
Ernawati, E., & Tumanggor, B. E. (2020). Hubungan Karakteristik individu dan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Abdul Manap Jambi Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari …, 20(3), 996–1002. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1090
Fibriani, Azzania (2020). Introduction to Novel Corona Virus (2019-nCov) Infection
Firmansyah, C. S., Noprianty, R., & Karana, I. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957
Gibson, James & Jhon (2000). “Relationships Between Caring Behavior Of Nurse With Patient Satisfaction In VCF Clinic Gambiran Hospital With Watson Theory Approach. “ Jurnal Nurse Dan Kebidanan (Journal Of Ners And Midwifery)
Karo,M.,&Baua,E.(2019).Caring behavior of Indonesian nurses towards an enhanced nursing practice Indonesia year 2018. International Journal of Pharmaceutical Research. https://doi.org/10.31838/ijpr/2019.11.01.043
Karo,M. (2019). Caring Behaviors. Penerbit PT Kanisius: Sleman, Yogyakarta
Nursalam (2014) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Suweko, H., & Warsito, B. E. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap : Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 243. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.532
Yustisia, Nova dkk (2020). Adaptasi perilaku caring perawat pada pasien covid-19 diruang isolasi. Jurnal keperawatan Muhammadiyah: Bengkulu. Vol.08 no.02
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal lisence You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.