GAMBARAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PHBS DALAM PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA SOLEDUA NIAS SELATAN TAHUN 2021

  • Jagentar Pane Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Maria Pujiastuti Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Gohizisokhi Halawa Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, PHBS, Covid-19

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan adalah suatu hasil dari rasa ingin “tahu” melalui proses sensoris, terutama pada mata dan telinga terhadap objek tertentu, pengetahuan masyarakat dalam mencegah transmisi penyebaran virus SARS-CoV-2 sangat berguna dalam menekan penularan virus. Penyakit covid-19 dapat dicegah diantaranya melakuakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan memiliki pengetahuan, sikap dan tindakan. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gamabaran pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit covid-19 di Desa Soledua Kecamatan Hilimegai Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Samping dengan jumlah sampel 114 responden. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian 53,5% masyarakat memiliki pengetahuan kurang, 33,3% berpengetahuan cukup dan 13,2% berpengetahuan baik. Kesimpulan: Diharapkan masyarakat dapat meningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan karena sangat penting dalam mencegah dan menghindari resiko penyakit covid-19.

References

Anggraini, Dini Tria et al. 2020. “Gambaran Promosi Phbs Dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Kota Binjai Pada Masa Pandemic Covid-19 Tahun 2020”

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan PENDAHULUAN Sehat Adalah Hal Yang Paling Terpenting Dalam Kehi.” 3(1): 22–31.

Emy, Ni Putu Emy Darma et al. 2020. “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan Jiwa Vol. 8 No.(3): 485–90.

Karuniawati, Benny, and Berlina Putrianti. 2020. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Pencegahan Penularan Covid-19.” Jurnal Kesehatan Karya Husada 8(2): 34–53.

Nursalam. 2017. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.” In ed. Peni Puji Lestari. jakarta: Salemba Medika, 49.

Obella, Zaraz, Nur Adliyani, Dian Isti Angraini, and Tri Umiana Soleha. 2017. “Pengaruh Pengetahuan , Pendidikan Dan Ekonomi Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masyarakat Desa Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat The Effect Of Knowledge , Education And Economic About Behaviour Of Clean And Healthy Life In Pekonmon Village Ngambur District Pesisir Barat Regency.” 7(November): 6–13.

Siahaan, Debora M., VG. Tinuk Istiarti, and Bagoes Widjanarko. 2016. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 4(5): 284–90.

Zukmadani, Alif Yanuar, Bhakti Karyadi, and Kasrina. 2020. “Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak Di Panti Asuhan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 68–76. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/440.
Published
2023-02-28