HUBUNGAN SERVICE EXCELLENT PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN

Authors

  • Mardiati Barus Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Lilis Novitarum Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Doarist Sianipar Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v5i01.4029

Keywords:

Service Excellent, Tingkat Kepuasaan

Abstract

Latar Belakang: Service Excellent merupakan sikap atau cara pemberi layanan yang berperan besar dalam menciptakan kepuasan bagi klien. Service Excellent sendiri membuat suatu layanan menjadi lebih berkualitas dan akan berdampak pada kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan service Excellent perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit St. Elisabet Medan. Metode: Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling dengan jumlah responden 82 orang dari 449 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner service excellent dari Agustin dan kepuasan pasien dari Nursalam. Analisa data dengan menggunakan uji exact fisherHasil: Hasil penelitian diperoleh service excellent baik sebanyak 76 orang (92,7%), tingkat kepuasan sangat puas sebanyak 77 orang (93,9%), Ada hubungan yang signifikan antara service excellent dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2021 dengan p-value = 0,002 (p<0,05). Kesimpulan: Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan service excellent perawat dengan mengetahui pentingnya service excellent perawat dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit melalui pelayanan dan untuk selanjutnya perlu di teliti tentang Hubungan Disiplin Kerja dengan Service Excellent perawat di Rumah Sakit.

References

Atmadjati Arista. (2018). Layanan prima Dalam Praktik Saat ini. Yogyakarta: CV Budi Utama

Calundu, Rasidin. (2018). Manajemen Kesehatan. Kota Makasar: CV. Sah Media

Dama Yanthi; Welly Sando; & Debie Maulia. 2020. Faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam IBNU SINA. Jurnal Kesehatan Global. 3(3); 109-115

Handayani, Sri. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi, Volume 14, Nomor 1, September 2016

Irawati, Agustin Diyah. (2017). Hubungan Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan Tahun 2017. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Bhakti Husada, Madiun

Kelana, Muhammad Tria. (2015). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) perawat terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakir Universitas Tanjungpura Kota Pontianak

Libriyanti, Nany. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017

Mamik. (2015). Metodologi Kulitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher

Masroyana. (2019). Correlation between the implementation of excellent service of nursing with the level of patient satisfaction in medika mulia hospital of tuban

Muhammad Tria Kelana. (2015). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellence) Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak

Noor Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Fajar Interpratama

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

Sujarweni. (2015). Statistik untuk Kesehatan. Yogyakarta: Gava Medika

Tjiptono dan Chandra. (2016). Service Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Yusuf Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Downloads

Published

2023-02-28