HUBUNGAN SERVICE EXCELLENT PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.32938/jsk.v5i01.4029Keywords:
Service Excellent, Tingkat KepuasaanAbstract
Latar Belakang: Service Excellent merupakan sikap atau cara pemberi layanan yang berperan besar dalam menciptakan kepuasan bagi klien. Service Excellent sendiri membuat suatu layanan menjadi lebih berkualitas dan akan berdampak pada kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan service Excellent perawat terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit St. Elisabet Medan. Metode: Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling dengan jumlah responden 82 orang dari 449 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner service excellent dari Agustin dan kepuasan pasien dari Nursalam. Analisa data dengan menggunakan uji exact fisher. Hasil: Hasil penelitian diperoleh service excellent baik sebanyak 76 orang (92,7%), tingkat kepuasan sangat puas sebanyak 77 orang (93,9%), Ada hubungan yang signifikan antara service excellent dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2021 dengan p-value = 0,002 (p<0,05). Kesimpulan: Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan service excellent perawat dengan mengetahui pentingnya service excellent perawat dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit melalui pelayanan dan untuk selanjutnya perlu di teliti tentang Hubungan Disiplin Kerja dengan Service Excellent perawat di Rumah Sakit.
References
Calundu, Rasidin. (2018). Manajemen Kesehatan. Kota Makasar: CV. Sah Media
Dama Yanthi; Welly Sando; & Debie Maulia. 2020. Faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam IBNU SINA. Jurnal Kesehatan Global. 3(3); 109-115
Handayani, Sri. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi, Volume 14, Nomor 1, September 2016
Irawati, Agustin Diyah. (2017). Hubungan Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Magetan Tahun 2017. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Bhakti Husada, Madiun
Kelana, Muhammad Tria. (2015). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) perawat terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakir Universitas Tanjungpura Kota Pontianak
Libriyanti, Nany. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017
Mamik. (2015). Metodologi Kulitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher
Masroyana. (2019). Correlation between the implementation of excellent service of nursing with the level of patient satisfaction in medika mulia hospital of tuban
Muhammad Tria Kelana. (2015). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellence) Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak
Noor Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Fajar Interpratama
Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika
Sujarweni. (2015). Statistik untuk Kesehatan. Yogyakarta: Gava Medika
Tjiptono dan Chandra. (2016). Service Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Yusuf Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal lisence You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.