MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI –III KEBIDANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKes SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.32938/jsk.v5i01.4031Keywords:
Motivasi Belajar, Masa Pandemi, Covid-19Abstract
Latar Belakang: Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi adalah perasaan, pikiran yang mendorong seseorang melakukan pekerjaan atau menjalankan kekuasaan, terutama dalam perilaku, di masa pandemic Covid-19 ini motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap proses hasil pembelajaran pada masa pandemic, motivasi dapat memengaruhi apa yang kita pelajari, bagaimana kita belajar dan kapan kita memilih untuk belajar. Tujuan: Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa prodi D-III kebidanan pada masa pandemi Covid-19 di Stikes Santa Elisabeth Medan. Metode: Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 64 orang mahasiswa dengan menggunakan total sampling. Hasil: Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa motivasi belajar mahasiswa semasa pademic yaitu motivasi belajar dalam kategori baik sebanyak 62 orang (96.9%), jumlah responden dengan motivasi belajar kurang sebanyak 2 orang (3.1%). Kesimpulan: Diharapkan kepada mahasiswa D-III kebidanan agar lebih meningkatkan dan mempertahankan motivasi belajar di stikes santa elisabeth medan.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Carmen L., T., H., Peter O., Olakunle O., Muhammad P., Godwin O., (2020) Clinical Characteristics of Children with COVID-19
Catherine G., Vera R-Z., Hannelore K., N., Rosemary M., Sabra L., K., (2020) Impact of sex and gender on COVID-19 outcomes in Europe
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).
Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (2020) Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19)
Dyah T., Elsa P., S., Ahmad R., G., (2019) Perbedaan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Ibu Sesudah Mendapatkan Booklet Pendidikan Seksual Untuk Anak Usia Dini
Ericha W., P (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Kegiataan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.
Fidah S., Fika M., Siti Z., Tri A., F., Hoirun N., (2020) Perilaku PhysicalDistancing Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Masa Pandemi COVID-19
Fitriyani, Y., Fauzi, I. & Sari, M. Z., 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan:Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), pp. 165-175.
Hardiyanti P., (2020) Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19
Harnani, S., 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 7 Juli.
Kaori M., Isamu Y., Miwako N., Mikihito T., Koji W., (2020) Perubahan perilaku dan kesiapan warga negara Jepang terhadap COVID-19: Sebuah survei online selama fase awal pandemi
Kusta., Adon N., J., Muhamad Z., Hadi N., (2020) Analisa Kritis Pola Keberagaman Dalam Perubahan Sosial DiTengah Wabah Covid-19
Malang, P. D. I. U. N. (2016). Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran STAD Bermedia Video dan STAD Nonvideo.
Maulana, F. H. (2016). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Dan Komitmen Organsasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Btn Kantor Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).
Nursalam. (2016). Meteologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medik.
Agustina, Menik Tetha and Danang Afi Kurniawan. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Octavia,AS. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: penerbit deepublish.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research Principles and Methods. Lippincott Williams & Wilkims.
Rico K., Y., Dasrun H., (2020) Perilaku Selektif Memilih Informasi Covid-19 Di Media Massa
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).
Rimbun, R. H. S. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+PLUS UNESAPLUS UNESA, 6(2), 1–12.
Silpa H., (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.
Simamora H. Roymond (2016). Manajemen Keperawatan. Jakarta. EGC
Sunaryo. (2015). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta. EGC
Syafrida R., H., (2020) Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan PeluangPemanfaatan Teknologi Informasi DalamPembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Titik R., Hilmi S, R., (2020) KOPIDPEDIA Bungan Rampai Artikel Penyakit Virus Corona (COVID-19)
Walsyukurniat Z., (2020) Gerakan Mencegah Dari Pada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19.
Wawan, A., & Dewi, M., (2019). Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wenjun D., Shaolei H., Qiang L., Zhongfa Z., (2020) Epidemic update of Covid-19 in Hubei Province compared with other regions in China
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2015). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Safarati, Nanda, Rahma Rahma, Fatimah Fatimah, and Sharfina Sharfina. 2020. “PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN MENGAHADAPI MASA PANDEMIC COVID-19.” Communnity Development Journal 1(3):240–45. doi: https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal lisence You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.