TINGKAT STRES MAHASISWA PRODI NERS DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2021

Authors

  • Lindawati F. T Stikes Santa Elisabeth Medan
  • Helinida S Stikes Santa Elisabeth Medan
  • Adri Flaviana Hutagaol Stikes Santa Elisabeth Medan

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v5i02.5099

Keywords:

Stress, Ners, Daring

Abstract

Latar Belakang: Stres adalah ketegangan emosional dan fisik yang dapat mempengaruhi performa akademik dan kesejahteraan mahasiswa keperawatan disebabkan oleh kita sebagai respon terhadap tekanan dari luar.Ini adalah respon khusus tubuh untuk stimulasi yang mengganggu fungsi normal.Pada masa penyebaran virus corona (Covid-19) yang terjadi saat ini ternyata menimbulkan dampak tersendiri pada sektor pendidikan di Indonesia. Hal inilah yang kemudian membuat sejumlah perguruan tinggi harus menghentikan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di dalam kelas dan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi terbaik terhadap kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19. Pembelajaran secara daring (dalam jaringan) merupakan penerapan dari pendidikan jarak jauh.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres mahasiswa Prodi Ners dalam menghadapi pembelajaran daring di STIKes Santa Elisabeth Medan.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling.

Hasil: Diperoleh data bahwa mayoritas umur responden adalah 19 tahun sebanyak 40 orang (50%), minoritas umur responden adalah >19 tahun sebanyak 17 orang (21,3%). Mayoritas jenis kelamin responden adalah perempuan sebanyak 71 orang (88,8%) dan minoritas jenis kelamin responden adalah laki laki sebanyak 9 orang (11,3%). Berdasarkan tingkat stres mayoritas mengalami stres berat sebanyak 44 orang (55%) dan minoritas mengalami stres ringan sebanyak 7 orang (8,8).

Kesimpulan: Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat stress dialami mahasiswa/I Ners tingkat II STIKes Santa Elisabeth Medan mayoritas mengalami stress berat sebanyak 44 orang (55%).

References

Adrian, (2020).Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19 Alodokter.(n.d.).Retrieved April-28, 2020.

Ambarwati, Putri Dewi., Pinilih, Sabodo & Astuti, Retna Tri.(2017). Gambaran Tingkat Stress Mahasiswa. Jurnal Keperawatan. Volume 5, No.1.Diakses pada 17 Juni 2020.

Augesti, G., Lisiswanti, R., Saputra, O., & Nisa, K. (2015). Differences in stress level between first year and last year medical students in medical faculty of Lampung UnIIersity. Jurnal Majority, 4(4).

Bamuhair, S. S., Al Farhan, A. I., Althubaiti, A., Agha, S., & Ibrahim, N. O. (2015). Sources of stress and coping strategies among undergraduate medical students enrolled in a problem-based learning curriculum. Journalof Biomedical Education, 2015.

Demolingo, D. P. A., Kalalo, F., & Katuuk, M. E. (2018).Hubungan Stres Dengan MotIIasi Belajar Pada Mahasiswa Semester v Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unversitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal Keperawatan, 6(1).

Fong, dkk. (2020). Nonpharmaceutical Measures for Pandemic Influenza in Nonhealthcare Settings-Social Distancing Measures. Emerging Infectious Diseases, 26(5).

Gloria, (2020).WHO Ubah Social Distancing Jadi Physical Distancing, Kompas.com. (n.d.). Retrieved April 29, 2020

Hasanah, U. (2017). Hubungan Antara Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Tahun Pertama Akademi Keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 2(1), 16-20.

Kemenkes, (2020).Beranda Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.(n.d.). Retrieved April 28, 2020

Kusnayat, dkk.(2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa.Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran.Volume 1, No.2.Diakses pada 2 juli 2020.

Lestari, Sri. (2016). Psikologi Keluarga : Penanaman Nilai & Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta : Kencana

Nelwati., Putri, Triyana Herlina & Rahayuningsih, Atih. (2012). Hubungan Lingkungan Belajar Klinik dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa pada Program Pendidikan Ners. Jurnal Keperawatan. Volume 8, No. 1.Diakses pada 25 Agustus 2020.

Nursalam.(2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4.Jakarta: Salemba Medika.

Polit, D. (2012). Nursing Researchpraising Evidence for Nursing Practice (7thed). New York, NY: Lippincott.

Purwanto, Agus. Dkk. (2020).Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.Journal of Education, Psychology and Counseling.Volume 2, No. 1.Diakses pada 20 Juli 2020.

Prasetyo, A. R., Nurtjahjanti, H., Fauziah, N., & Kustanti, E. R. (2016).Penurunan Tingkat Stres Kerja Pada Penerbang Militer Melalui Penerapan Terapi Yoga Tawa.Jurnal Psikologi, 15(1), 11-20.

Priyoto. (2014). Konsep Manajement Stres,Yogyakarta: Nusa Medika.

Rania, (2020).Konsep Kuliah Online Masih Sering Gagal Dipahami. Di Satu Sisi, Praktik Ini Memang Masih Baru sih. (n.d.).Retrieved April 29, 2020.

Sanjaya, Ridwan (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di masa Darurat.Semarang : Unika Soegijaparanata

Sundari, J. (2012). Hubungan Tingkat Stress Dengan Intensitas Olahraga Pada Mahasiswa Regular 2008 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Skripsi.Depok : FIK UI.

Tabroni, (2020). Trend Kuliah Daring di Tengah Wabah Virus Corona Retrieved April 28, 2020

WHO, (2020).Pertanyaan jawaban terkait COVID- 19 untuk publik.(n.d.). Retrieved April 28, 2020, from https://www.who.int/indonesia/news/novel- coronavirus/qa-for-public.(Online)

Additional Files

Published

2023-08-31