GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TINGKAT TIGA TAHUN 2022

Authors

  • Upixsona Waruwu Prodi Ners, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Indra Hizkia Prodi Ners, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Lindawati Simorangkir Prodi Ners, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v6i01.6432

Keywords:

Covid 19, Pembelajaran Daring, Persepsi

Abstract

Latar Belakang: Munculnya corona virus telah banyak menarik perhatian global, dan Pada 30 Januari WHO telah menyatakan COVID-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Penambahan jumlah kasus COVID-19 berlangsung cukup sangat cepat dan sudah terjadi penyebaran antar negara. Sampai dengan tanggal 25 Maret 2020, dilaporkan total kasus konfirmasi 414.179 dengan 18.440 kematian (CFR 4,4%) akhirnya Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 pada Satuan Pendidikan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID-19) yang memberikan arahan bahwa kegiatan belajar mengajar oleh peserta didik dilakukan secara daring (online) dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. Pembelajaran online menghubungkan pembelajar (peserta didik) dengan sumber belajarnya (database, pakar/instruktur, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan namun dapat saling berkomunikasi, berinteraksi atau berkolaborasi.

Tujuan: Penellitian ini dimaksud bertujuan untuk mengetahui Gambaran Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid Pada Mahasiswa STIkes Elisabeth Medan Tingkat Tiga Tahun 2022.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel mengunakan teknik total sampling sebanyak 150 responden.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden berada pada kategori persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring baik 77 (51,3%), aspek pengalaman belajar 88 responden (58,7%), aspek kapabilitas dosen 103 responden (68,7%) dan aspek sarana dan prasarana 84 responden (56,0%).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian jumlah sampel 150 orang responden mengenai Gambaran Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama pademi covid Pada Mahasiswa STIKes Santa Elisabeth Medan Tingkat Tiga tahun 2022 maka dapat disimpulkan Baik.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fatmawati, A., & Hendrayani, S. Y. (2020). the Risk Perception of Covid-19 in Indonesia. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(2), 103–108.
Irawan, S., & Listyaningsih, L. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 216-225.
Jundi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan naḥwu Dengan sistem daring. Al-Ma „Rifah, 17(2), 105-118.
Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik Iain Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 1.
Kalsel, T., & Tim, L. P. M. (2021). UIN Antasari Banjarmasin. Ulama Banjar Dari Masa Ke Masa.
Lippincott Williams & Wilkins.
Misran, M., & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125-136.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika, Edisi 5, ISBN : 978-602-6450-44-9Octa, D., Ahmad, S., & Leni, M. (2019). 1 , 2 , 3 .
Ode, W., Asnaniar, S., Siokal, B., Jafar, N., Asfar, A., Studi, P., Keperawatan, I., Indonesia, U. M., Makassar, K., Studi, P., Pertambangan, T., Indonesia,
Pendidikan, 3(5), 2573–2585. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/899
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). “Nursing research: Principles and methods.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49.
Priyastuti, M. T., Suhadi, S., & Selano, M. K. (2021). The Analysis of the Effectiveness of Online Learning Media for the Students During the Covid-19 Pandemic. Journal of Language and Health, 2(2), 91-100.
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705.
Rusdiantho, K. S. G. & E. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online Fase Pandemic Covid-19. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-
Sirjon, S., Setyaningsih, D., Mulyanie, E. S., & Mamma, A. T. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Hubungannya dengan Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran di Program Studi PG PAUD Universitas Cenderawasih. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 6(1), 33-47.
Sirjon, S., Setyaningsih, D., Mulyanie, E. S., & Mamma, A. T. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Hubungannya dengan Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran di Program Studi PG PAUD Universitas Cenderawasih. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 6(1), 33-47.
Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi Pai Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 183–204. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1957
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurna Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 178-191.
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.
U. M., & Makassar, K. (2021). Optimizing health maintenance and covid-19 prevention through the utilization of traditional medicine. 1, 291–296.
USAID IUWASH PLUS. (2021). Dampak Pandemi COVID 19 terhadap Keuangan PDAM. 10, 13–21.
Yulianingsih, I., & Parlindungan, D. P. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga Terhadap Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 31–45.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Additional Files

Published

2024-02-29