Gambaran Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Atambua Selatan Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Selviana Indah Permata Betten Universitas Timor
  • Christina Anugrahini Universitas Timor
  • Melkianus Ratu Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v1i01.90

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan kesehatan

Abstract

Kepuasan Pasien adalah suatu tingkat kepuasan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel 67 responden. Analisis data menggunakan uji univariat. Hasil penelitian 100% responden menyatakan puas berdasarkan tingkat harapan dan 58,2% responden menyatakan puas berdasarkan tingkat kenyataan sedangkan 41,8% responden menyatakan kurang puas. Saran : agar pihak puskesmas perlu memperhatikan kelengkapan peningkatan sarana dan prasana yang ada di Puskesmas sebagai upaya peningkatan pelayanan keperawatan.

 

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Ke IV; PT Rineka Cipta, Jakarta.

Bustami, 2011. Penjamin Mutu Pelayanan kesehatan dan Akeptabilitasnya. Jakarta : Erlangga

Depkes RI. 2013. Pedoman Pelaksanaan Jaminan kesehatan masyarakat, Depkes RI. Jakarta

Hastono, S (2007) dalam Anugrahini, C (2010). Hubungan Faktor Individu Dan Organisasi Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Menerapkan Pedoman Patient Safety di RSAB Harapan kita. Universitas Indonesia. Depok

Hastono, Susanto. 2007. Analisis Data Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Hidayat, R. 2014 . Kuesioner Kepuasan Pasien. Universitas Sumatera Utara

Muninjaya, G. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Natoatmojo, S. 2007. Metedologi Penelitian kesehatan. Jakarta ; Rineka Cipta

Nursalam. (2014). Manajmen keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika

Nursalam. (2011). Manajamen keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional . Jakarta : Salemba Medika

Nursalam, 2008. Konsep dan Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika

Nur Yanti, 2013. Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD ANDI DJEMMA MASAMBA.FIK : Universitas Islam Negeri Alauddin. Makasar

Pohan, I.S. 2003. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar – dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta
Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta

Wijono, Djoko. (2010). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan : Teori Stratedi dan Aplikasi Vol.1. Jakarta

Downloads

Published

2019-01-16