ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TAKSANOMI SOLO
Keywords:
Analisis Kemampuan, Taksonomi SOLO, GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa SMP dalam
menyelesaikan soal geometri ditinjau dari kualitas respon siswa berdasarkan taksonomi SOLO.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII SMPN1 Noemuti yang berjumlah 17 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 3 nomor soal,
pemeriksaan hasil tes, pemilihan subjek dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar adalah: (a) persentase
kemampuan tingkat prastruktural sebesar 64,70%, (b) persentase kemampuan tingkat unistruktural
sebesar 17,64%, (c) persentase kemampuan tingkat multistruktural sebesar 11,8%, (d) persentase
kemampuan tingkat relasional sebesar 5,9%. (e) persentase kemampuan extended abstract
sebesar 0%.