PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN POWER POINT DAN ISPRING SUITE 9 PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 ATAMBUA

  • Diana Cintya Dola Universitas Nusa Cendana
  • Wara Sabon Dominikus Universitas Nusa Cendana
  • Ofirenty Elyada Nubatonis Universitas Nusa Cendana
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, Aritmetika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android
menggunakan power point dan iSpring Suite 9 pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII
SMPN 1 Atambua yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah metode
Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan pada proses pengembangan
media ini adalah model pengembangan ADDIE dengan tahapan yaitu (1) Analysis (analisis),
meliputi: analisis kebutuhan dan analisis kurikulum, (2) Design (desain), meliputi: pembuatan
rancangan media, (3) Development (pengembangan), meliputi: mengembangkan media
pembelajaran dan validasi media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media, (4)
Implementation (implementasi), meliputi: uji coba media pembelajaran di sekolah, dan (5)
Evaluation (evaluasi), meliputi: hasil tes siswa serta hasil respon dari guru dan siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan, dan
teknik analisis keefektifan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil ini diperoleh berdasarkan
penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 5 dan penilaian ahli media 4,47 sehingga dikategorikan
“valid”, respon penggunaan dari guru mata pelajaran matematika dengan rata-rata 5 dan respon
penggunaan dari siswa 4,6 sehingga dikategorikan “praktis”, sedangkan untuk hasil tes siswa
diperoleh persentase kelulusan sebesar 82,76% sehingga dikategorikan “efektif”.

Published
2021-12-31