Studi Tentang Implementasi Sumber Daya Alam Lokal Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Inovasi Pembelajaran Berbasis Sumber Daya Lokal dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam

Authors

  • Kamelia Nahak Universitas Timor
  • Frengky Neolaka Universitas Timor

Keywords:

Sumber daya alam lokal, Inovasi Pembelajaran IPA, Pembelajaran IPA

Abstract

Sumber daya alam lokal memegang peran penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Memanfaatkan potensi sumber daya alam di sekitar kita menjadikan pembelajaran IPA lebih konkrit dan bermakna bagi siswa. Inovasi metode pembelajaran dapat dicapai melalui penggunaa media yang berasal dari lingkungan, seperti ekosistem tumbuhan dan hewan. Tujuan artikel ini yaitu untuk menyajikan hasil analisis pengenalan dan signifikasi sumber daya alam lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam bentuk tinjauan pustaka. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan yaitu tinjauan dan analisis berbagai sumber literatur seperti buku,jurnal,artikel dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menghubungkan kondisi sumber daya alam lokal dengan ilmu pengetahuan alam dapat dikembangkan untuk menciptakan bahan ajar, memperkaya pengalaman berpikir kritis siswa,meningkatkan kesadaran lingkungan dan melestarikan nilai- nilai budaya lokal. Kesimpulan penelitian ini adalah memasukkan sumber daya alam lokal ke dalam inovasi pembelajaran IPA dapat memperkuat sikap peduli siswa terhadap perlindungan lingkungan hidup.

Downloads

Published

2024-12-27