Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional Patok Lele Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika
Abstract
Permasalahan mendasar dalam penulisan ini adalah rendahnya kemampuan literasi matematika disebabkan siswa sekolah dasar kurang memahami isi materi menyebabkan kesulitan siswa dalam membedakan simbol dan angka serta merumuskan masalah matematis dan kesimpulan dari soal cerita ke dalam tulisan matematika. Berhitung dengan melibatkan permainan Patok Lele membuka ruang bagi siswa untuk mempelajari matematika berbasis permainan Patok Lele untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan true experimental pre-post control group design dengan pendekatan kuantitatif. Subjek berjumlah 35 siswa kelas IV SD Negeri Maubeli yang diambil secara acak. Data yang diperoleh melalui observassi dan soal pre-postest kemampuan literasi matematika berbassisi permainan Patok Lele. Analisis dilakukan dengan Uji Independent Samplet-Test dan Uji Normalized Gain menggunakan SPSS. Hasil menunkikkan bahwa (1) rata-rata nilai aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, (2) nilai kemampuan literasi matematika siswa meningkat berdasarkan uji thit> ttabel , (3) nilai tafsiran ekfektivitas N-gain kelas eksperimen cukup efektif 59,90 % dibandingkan nilai efektivitas kelas kontrol 39,44 % kategori Tidak efektif. Sehingga pembelajaran matematika berbasis permainan tradisional Patok Lele efektif dalam meingkatkan kemampuan literassi matematika.