Penembangan Modul Ajar pada Topik Pola Bilangan untuk Mendukung Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Veronika Sanbein Universitas Timor
  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta belum tersedianya modul ajar materi pola bilangan dalam buku paket kelas VIII kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk (i) menghasilkan modul ajar pada topik pola bilangan yang valid dan praktis; (ii) mengetahui efek potensial terhadap hasil belajar siswa dalam menggunakan modul ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model tessmer yang difokuskan pada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formatif evaluation. Tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan tahap pendesainan sedangkan tahap formatif evaluation terdiri dari self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata 81,075% kategori valid dan rata-rata kepraktisan 71,67% kategori praktis. Sementara itu, modul ajar yang dikembangkan memiliki efek potensial untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari skor pre-test sebesar 57,67% meningkat pada post-test 84,67% dengan kategori sangat baik untuk ketuntasan individu, sedangkan untuk ketuntasan secara klasikal skor pre-test sebesar 66,67% meningkat pada post-test sebesar 93,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Downloads

Published

2024-12-27