Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Scratch Berbasis Android
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran penting karena memiliki peranan menunjang berbagai disiplin ilmu, dan juga merupakan pelajaran yang sistematis sehingga siswa dituntut untuk memahami konsep sesuai jenjangnya Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang layak dan praktis untuk pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan berupa LKPD menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan Aplikasi Scratch berbasis android. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, dan dilakukan di salah satu SMP Negeri di kota Cimahi kepada 32 siswa kelas VII yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperiment. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi LKPD dan angket respon siswa. Materi yang digunakan yaitu bangun ruang, dan hasil penelitian diolah mnggunakan Microsoft Excel 2010. Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar pada materi bangun ruang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan Scratch berbasis android ditinjau dari validitas dan kepraktisan diperoleh dalam kategori baik. Hasil validasi dari ahli materi adalah 94,50%, Validasi ahli media 95,50%, dan validasi oleh ahli praktisi adalah 96%. Dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar pada materi bangun ruang dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan Scratch berbasis android termasuk dalam kategori sangat valid dan praktis. Pengembangan bahan ajar materi bangun ruang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan Scratch berbasis android bisa digunakan dalam pembelajaran matematika.