Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study is to creative teachers in making worksheets students (LKS) using local potential in Kefamenanu, North Central Timor Regency (TTU). Local potential that we meanin this research is local traditional food laku tobe, guava local in timor region, traditional house ume kbubu, and sotis woven traditional motives . The methods used is discourse, workshop, and practice. This method used to convey an overall picture and example using local potential in learning math, then followed by analysis of main competence and basic competence in wich coresponding to the potential local, the final phase is practice, where teachers as participants workshop follow in the classroom using LKS based potential local.The result shows that laku tobe local potential, guava , ume kbubu , and motif woven in kefamenanu has been proven creative teachers.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.
References
Deda, Y. N. & Disnawati, H. (2017). Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan - Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding KNPM II UMS
Dima, T.K., Antariksa, Nugroho, A.M. (2013). Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal RUAS, 11(1), 28-3.
Dominikus, W.S., Toto Nusantara, T., Subanji, & Muksar, M. (2016). Link Between Ethnomathematics In Marriage Tradition In Adonara Island And School Mathematics. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME),3(6),56-62.
La'a, A. S., & Suwartiningsih, S. (2013). Makna Tenun Ikat bagi Perempuan. KRITIS Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, 22(1), 21-40.
Lela, L. (2002). Katalog Tenunan Kabupaten Timor Tengah Utara. Dewan Kerajinan Nasional, Daerah Timor Tengah Utara.
Sabilirrosyad. (2016). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara dan Implikasinya Untuk Pembelajaran. JURNAL TATSQIF Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 4(1), 49-65.