PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
BAKTI CENDANA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

Ketentuan Umum

  1. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerima naskah artikel bidang pengabdian masyarakat, khususnya bidang ilmu-ilmu pertanian, ilmu-ilmu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi pembangunan, dan ilmu pemerintahan dan politik.
  2. Naskah artikel yang dikirimkan adalah artikel karya asli penulis yang belum pernah dipublikasikan di media/jurnal ilmiah mana pun. Artikel tersebut juga tidak sedang diusulkan untuk diterbitkan di jurnal lain.
  3. Sebelum mengirimkan naskah artikel, penulis melakukan registrasi untuk pembuatan akun. Jika sudah, penulis dapat melakukan login ke akun penulis.
  4. Naskah yang dikirimkan harus berbentuk dokumen Microsoft Office Word dengan ekstensi .rtf, .doc, atau .docx
  5. Penulis melampirkan surat pernyataan keaslian naskah dan bebas plagiarisme yang ditandatangani bermeterai 6000.

Ketentuan Khusus

  1. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit enam bulan sekali, yaitu edisi Agustus dan Februari. Untuk edisi Agustus, penerimaan naskah maksimal tanggal 15 Juni tiap tahunnya dan untuk edisi Februari, penerimaan naskah maksimal tanggal 15 Desember tiap tahunnya.
  2. Naskah artikel dikirimkan secara daring melalui laman OJS Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.  Bagi penulis yang baru pertama kali mengirimkan naskah di Bakti Cendana, silakan melakukan registrasi di sini. Bagi penulis yang sudah memiliki akun, dapat melakukan login di sini.
  3. Naskah artikel yang dikirimkan diketik dengan format kertas A4, Times New Roman 12pt, spasi 1,15 berkisar antara 8-15 halaman.
  4. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang sesuai kaidah yang berlaku.
  5. Penulis sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote untuk memudahkan proses penyuntingan dan review. 
  6. Penggunaan referensi dan sumber sitasi haruslah merujuk pada publikasi pada rentang 10 tahun terakhir dengan prioritas acuan adalah publikasi di jurnal ilmiah. Jumlah minimal referensi atau pustaka rujukan yang digunakan dalam naskah adalah 10 sumber acuan. 
  7. Sistematika penulisan artikel terdiri atas urutan sebagai berikut.

           Pendahuluan

           Metode

           Hasil dan Pembahasan

           Ucapan Terima Kasih (Jika Diperlukan)

           Daftar Pustaka

         Template artikel dapat diunduh di sini.

Ketentuan Penulisan

Judul: ditulis deskriptif maksimal 15 kata (Times New Roman 14pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Nama Penulis: ditulis lengkap tanpa gelar dan berurutan jika penulis lebih dari satu (Times New Roman 11pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Afiliasi: memuat informasi terkait institusi penulis yang meliputi Program Studi, Fakultas, Universitas, Negara (Times New Roman 11pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Pos-el: berisi email aktif penulis

Abstrak: memuat ringkasan penelitian yang terdiri atas tujuan, metodologi, dan hasil/temuan dan produk kegiatan. Abstrak ditulis 200 kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan kata kunci (keywords) maksimal lima kata. (Times New Roman 11pt, spasi 1, Justify).

Pendahuluan: berisi fakta-fakta yang melalatarbelakangi kegiatan/PkM, upaya-upaya yang sudah dilakukan sebelumnya, kendala-kendala yang terjadi, kebutuhan masyarakat sasaran, target yang ingin dicapai, dan tujuan kegiatan. Pendahuluan berisi maksimal 20% dari keseluruhan naskah (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify).

Metode: bagian ini memuat lokasi, waktu, durasi pelaksanaan, metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan/PkM untuk menyelesaikan masalah. Metode dapat berupa metode tunggal atau gabungan dari beberapa metode. Selain itu, bagian ini juga berisi teknik pengumpulan data dan analisis data (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Hasil dan Pembahasan: bagian ini menjelaskan tentang hasil dan tingkat ketercapaian kegiatan/PkM. Hasil ini dapat berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan, atau produk. (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Simpulan: Simpulkan secara singkat tingkat ketercapaian, dampak dan manfaat kegiatan, dan rekomendasi bagi penelitian berikutnya. (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Ucapan Terima Kasih: Jika diperlukan, penulis dapat menambahkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendanai penelitian dan berkontribusi positif dalam penelitian dan penulisan artikelnya. (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Daftar Pustaka: Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan menggunakan format APA Style. Disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify). Daftar pustaka haruslah menggunakan referensi termutakhir  berkisar 10 tahun terakhir dengan memprioritaskan publikasi di jurnal. 

Penulisan Tabel: tabel ditulis secara berurutan. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel. Contoh: Tabel 1: Kata Kata Kata Kata (Times New Roman 11pt, bold, spasi 1,15, center).

Penulisan Gambar: gambar/grafik ditulis secara berurutan. Keterangan gambar ditulis di bagian bawah gambar. Contoh: Gambar 1: Kata Kata Kata Kata (Times New Roman 11pt, bold, spasi 1,15, center).