PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
BAKTI CENDANA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT

Ketentuan Umum

  1. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerima naskah artikel bidang pengabdian masyarakat, khususnya bidang ilmu-ilmu pertanian, ilmu-ilmu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi pembangunan, dan ilmu pemerintahan dan politik.
  2. Naskah artikel yang dikirimkan adalah artikel karya asli penulis yang belum pernah dipublikasikan di media/jurnal ilmiah mana pun. Artikel tersebut juga tidak sedang diusulkan untuk diterbitkan di jurnal lain.
  3. Sebelum mengirimkan naskah artikel, penulis melakukan registrasi untuk pembuatan akun. Jika sudah, penulis dapat melakukan login ke akun penulis.
  4. Naskah yang dikirimkan harus berbentuk dokumen Microsoft Office Word dengan ekstensi .rtf, .doc, atau .docx
  5. Penulis melampirkan surat pernyataan keaslian naskah dan bebas plagiarisme yang ditandatangani bermeterai 6000.

Ketentuan Khusus

  1. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit enam bulan sekali, yaitu edisi Agustus dan Februari. Untuk edisi Agustus, penerimaan naskah maksimal tanggal 15 Juni tiap tahunnya dan untuk edisi Februari, penerimaan naskah maksimal tanggal 15 Desember tiap tahunnya.
  2. Naskah artikel dikirimkan secara daring melalui laman OJS Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.  Bagi penulis yang baru pertama kali mengirimkan naskah di Bakti Cendana, silakan melakukan registrasi di sini. Bagi penulis yang sudah memiliki akun, dapat melakukan login di sini.
  3. Naskah artikel yang dikirimkan diketik dengan format kertas A4, Times New Roman 12pt, spasi 1,15 berkisar antara 8-15 halaman.
  4. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang sesuai kaidah yang berlaku.
  5. Penulis sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, atau Endnote untuk memudahkan proses penyuntingan dan review. 
  6. Penggunaan referensi dan sumber sitasi haruslah merujuk pada publikasi pada rentang 10 tahun terakhir dengan prioritas acuan adalah publikasi di jurnal ilmiah. Jumlah minimal referensi atau pustaka rujukan yang digunakan dalam naskah adalah 15 sumber referensi yang terdiri dari minimal 80% dari jurnal ilmiah.
  7. Sistematika penulisan artikel terdiri atas urutan sebagai berikut.

           Pendahuluan

           Metode

           Hasil dan Pembahasan

           Simpulan dan Saran

           Ucapan Terima Kasih (Jika Diperlukan)

           Referensi

         Template artikel dapat diunduh di sini.

Ketentuan Penulisan

Judul: ditulis deskriptif maksimal 20 kata (Times New Roman 14pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Nama Penulis: ditulis lengkap tanpa gelar dan berurutan jika penulis lebih dari satu (Times New Roman 11pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Afiliasi: memuat informasi terkait institusi penulis yang meliputi Program Studi, Fakultas, Universitas, Negara (Times New Roman 11pt, Bold, spasi 1,15, Center)

Email: berisi email aktif penulis

Abstrak: Abstrak memuat ringkasan penelitian yang terdiri dari tujuan PkM, metode pelaksanaan (sosialisasi, penyuluhan, workshop, praktikum, dst; mitra yang terlibat, gender dan demograpi peserta; bagaimana evaluasi dan monitoring dilakukan), dan hasil/temuan dan produk kegiatan serta kesimpulan. Abstrak ditulis 200 kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan kata kunci (keywords) maksimal lima kata.(Times New Roman 11pt, spasi 1, Justify)

Pendahuluan:

Pendahuluan berisi permasalahan mitra, disebutkan secara terinci atau point per point, alasan kenapa harus dilakukan pengabdian?. Kemudian rincian solusi yang ditawarkan atas persoalan mitra yang didukung hasil penelitian atau pengabdian yang relevan dan terbaru, dan kontribusinya pada bidang dan topik PkM yang dilakukan. Pada paragrap terakhir bagian ini berisi tujuan PkM yang ingin dicapai. Pendahuluan berisi maksimal 20% dari keseluruhan naskah. Penulisan atau rujukan referensi tulis menggunakan aplikasi Mendeley, pilih APA style edisi 7(Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Metode: Bagian ini memuat deskripsi singkat profil mitra: Siapa? Dimana? Berapa orang yang terlibat? Jenis kelamin dan umur peserta, tahapan metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan/PkM untuk menyelesaikan masalah. Langkah-langkah pelaksanaan: (1) Persiapan Kegiatan; (2) Kegiatan (Disebutkan nama kegiatannya, Waktu, Materi, Pemateri); (3) Monitoring dan Evaluasi (pakai angket, wawancara, observasi, dll). Evaluasi yang dimaksud dapat berupa hasil monitoring saat kegiatan berlangsung dan evaluasi kondisi sebelum dan setelah PkM. (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify). Penulisan atau rujukan referensi tulis menggunakan aplikasi Mendeley, pilih APA style edisi 7.

Hasil dan Pembahasan:

Hasil dan Pembahasan harus memuat hasil dan tingkat ketercapaian kegiatan/PkM. Hasil ini dapat berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan, atau produk. Pada bagian ini juga harus menyesuaikan tahapan pada metode secara terurut.

  1. Sub Judul (Sesuai Tahapan Kegiatan)

Hasil dan Pembahasan harus memuat beberapa hal berikut secara terurut.

  1. Sub Judul (Sesuai Tahapan Kegiatan)

Dijelaskan sesuai dengan alur tawaran solusi atau langkah-langkah di bagian Metode Pelaksanaan; (1) Deskripsi dari apa yang telah dilakukan, (2) diikuti ada foto dokumentasi (bukan foto bersama), (3) penjelasan lanjutan. Setiap Gambar atau Tabel dirujuk pada paragraf sebelum atau sesudahnya. (Gambar 1, Tabel 1, …)

  1. Monitoring dan Evaluasi

Monitoring: apa yang dilakukan saat kegiatan dilakukan (seperti hasil observasi, hasil angket). Bagian ini harus membahas Hasil tes atau angket dijelaskan disini, khususnya persentase peningkatan yang terjadi sebelum atau sesudah kegiatan.

  1. Kendala yang Dihadapi atau Masalah Lain yang Terekam

Disertai saran solusi. Penulisan atau rujukan referensi tulis menggunakan aplikasi Mendeley, pilih APA style edisi 7(Emilia Duarte & Carlos Rosa, 2019).

(Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify). Penulisan atau rujukan referensi tulis menggunakan aplikasi Mendeley, pilih APA style edisi 7

Simpulan dan Saran:

Bentuknya dalam paragraf, (1) tidak menggunakan penomoran. Jawaban dari tujuan yang ingin dicapai (pada Pendahuluan), (2) menjelaskan hasil pelaksanaan terutama progres peningkatan softskill dan atau hardskill berapa persen?.

Saran berupa tindakan lanjutan yang perlu dilakukan, bisa dalam bentuk rekomendasi penelitian lanjutan ataupun pengabdian di bidang lain. (Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Ucapan Terima Kasih:

Tim penulis dapat mengucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendanai penganbdian misalnya terima kasih kepada Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Timor yang telah mendanai kegiatan pengabdian ini sehingga terlaksana dengan baik, dan kepada pihak lain yang berkontribusi positif dalam PkM dan penulisan artikel ini.(Times New Roman 12pt, spasi 1,15, justify)

Daftar Pustaka:

  1. Anda wajib menulis referensi menggunakan Aplikasi Mendeley atau sejenisnya, APA style edisi 7.
  2. Daftar rujukan minimal 15 referensi dianjurkan 80% dari jurnal ilmiah, ditulis dengan font 12 pt, spasi 1.15
  3. Jika nama penulis terdiri dari lebih dari 1 kata, maka kata paling depan ditulis dan kata berikutnya ditulis huruf depannya saja dan disingkat.
  4. Jangan lupa dirapikan (rata kiri-kanan, bentuk huruf).

Penulisan Tabel: Tabel ditulis secara berurutan dengan format huruf Times New Roman, 11pt, spasi 1,15, center. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan format huruf Times New Roman 11pt, bold, spasi 1,15, center. contoh,

Tabel 1. Contoh Penulisan Tabel Satu

Penulisan Gambar:

Nama Gambar/Grafik ditulis secara berurutan dengan format huruf Times New Roman, 11pt, spasi 1,15, center. Keterangan gambar ditulis di bagian bawah gambar dengan format huruf Times New Roman 11pt, bold, spasi 1,15, center.

 Contoh: 

Gambar 1. Contoh Penulisan Nama Gambar 1 (Times New Roman 11pt, bold, spasi 1,15, center).