PEMBELAJARAN GEOMETRI BIDANG DAN RUANG BERBASIS ETNIS TIMOR

Main Article Content

Michael Fernandez
Kristoforus Djawa Djong
Wilfridus B. N. Dosinaeng
Irmina V Uskono
Aloysius Joakim Fernandez
Meryani Lakapu

Abstract

Etnomatematika mengacu pada bentuk-bentuk matematika yang bervariasi sebagai konsekuensi yang tertanam dalam kegiatan budaya. Etnomatematika juga mengacu pada konsep-konsep matematika tertanam dalam praktek-praktek budaya. Etnomatematika mengacu pada bentuk-bentuk matematika yang bervariasi sebagai konsekuensi yang tertanam dalam kegiatan budaya.


Geometri sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah menengah. Pembelajaran geometri berbasis etnis budaya Timor. Siswa dapat mengamati dan menghitung banyaknya bentuk geometri dalam LOPO.


Implementasi bentuk-bentuk Geometri (bidang datar dan ruang) dalam pelaksanaan pembelajaran  Geometri berbasis etnis budaya Timor menjadi suatu metode yang tepat. Siswa dapat mengamati dan mengkaji Geometri dalam rumah adat LOPO.


Kelompok sasaran dalam kegiatan Pengabdian ini yaitu sekolah-sekolah yang siswanya kebanyakan berasal dari suku dawan (TTU dan TTS serta Kabupaten Kupang). Kelompok sasarannya adalah siswa-siswi SMPN 10.


 Agar dapat mengimplementasi bentuk-bentuk geometri dalam pelaksanaan pembelajaran Geometri berbasis etnis budaya Timor, maka dapat dilakukan dengan cara membuat miniatur LOPO yang dibawa ke depan kelas saat kegiatan pembelajaran Geometri. Namun demikian disarankan agar sekolah itu dapat membuat LOPO yang sebenarnya, sehingga  LOPO itu menjadi sumber belajar bagi siswa yang belajar tentang geometri bidang datar dan geometri ruang.

Article Details

How to Cite
Fernandez, M., Djong, K., Dosinaeng, W., Uskono, I., Fernandez, A., & Lakapu, M. (2020). PEMBELAJARAN GEOMETRI BIDANG DAN RUANG BERBASIS ETNIS TIMOR. Bakti Cendana, 3(2), 68-77. https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.616
Section
Articles

References

Hammond, T. 2000. “Ethnomathematics": Concept Definition and Research Perspectives,” pp. 1–57, 2000.
D. C. Orey. 2018. “The Ethnomathematics Of The Sioux Tipi And Cone The people inhabiting the plains region of North America were able to,” pp. 239–240, 2000.
U. D. Ambrosio.2018. “What is ethnomathematics , and how can it help children in schools? What is ethnomathematics , and how can it help children in schools?,” vol. 7, no. January 2001, pp. 308–310, 2018.
D. Orey and M. Rosa. 2007. Cultural Assertions And Challenges Towards Pedagogical Action Of An Ethnomathematics Program, vol. 1. 2007
Amsikan, S. & Deda, Y. N. 2018. Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32-40.