VARIASI TINDAK TUTUR DALAM CERPEN ‘PISPOT’ KARYA HAMSAD RANGKUTI

  • Desy Anggraini Desy Anggraini
Keywords: Tindak tutur, Lokusi, Ilokusi, Perlokusi, Cerpen Pispot

Abstract

Penelitian ini membahas bentuk dan maksud tindak tutur dalam sebuah cerpen. Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra yang menarik untuk dibahas karena banyak variasi tindak tutur tokoh yang ada dalam cerpen menunjukkan aneka peristiwa yang terjadi. Tujuan tindak tutur dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur berdasarkan lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam cerpen ‘Pispot’ karya Hamsad Rangkuti. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dekspriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dalam cerpen ‘Pispot’ karya Hamsad Rangkuti ditemukan tindak tutur yang bersifat lokusi yaitu menyampaikan pernyataan, ilokusi yaitu tindakan yang menyatakan sesuatu dan bertujuan melakukan sesuatu, dan perlokusi dimana beberapa tokoh sebagai petutur dan kawan tutur dalam ceritanya berhasil mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perbuatan. tindak tutur yang diperoleh dari tokoh dalam cerpen memunculkan bagian-bagian tersebut berdasarkan prinsip percakapan.

References

Dewi, Rishe Purnama, Setyaningsih Yuliana, Rahardi Kunjana, (2016). Pragmatik | Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Eka Suryatin, “Analisis Tindak Tutur Pada Baliho Kampanye Calon Legislatif Pemilu Tahun 2009 di Kalimantan Selatan”, Undas Vol 12. , Nomor 1 , Juni 2016, h. 30.

Ekky Cintyaresi Sendilatta, “Analisis Tindak Tutur Pada Film “Garuda Didadaku” Karya Ifa Ifanasyah, Jurnal Artikulasi Vol.7 No.1 Februari, h. 384.

Ekky Cintyaresi Sendilatta. (2008). Analisis Tindak Tutur Pada Film ”Garuda Di Dadaku” Karya Ifa Ifansyah. Jurnal Artikulasi.

Farrah Fitriah, Siti Sarah Fitriani, “Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Marwah di Ujung Barah Karya R.H. Fitriadi, Master Bahasa Vol. 5 No. 1; Januari 2017, h. 53.

Fitriah, F., & Fitriani, S. S. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R.H. Fitriadi. Master Bahasa.

Hajija, S., Suryadi, S., & Djunaidi, B. (2017). TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS XI IPA 1 SMAN 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4122

Hidayati, T. Y. N. (2013). Jenis Tindak Tutur Dalam Khotbah di Masjid Syarqi, Kairo Mesir: Kajian Pragmatik. Jurnal CMES.

Kunjana Rahardi, Yuliana Setyaningsih, Rishe Purnama Dewi, Pragmatik | Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa, ( Jakarta: Penerbit Erlangga, Mei 2016), h. 77-78

Mesterianti Hartati. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi.

Mesterianti Hartati. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi.

Op.cit., h. 53.

Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya.

Sari, F. D. P. (2012). Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Galau Nite Di Metro Tv: Suatu Kajian Pragmatik. Skriptorium.

Sitti Hajija, Suryadi, Bambang Djunaidi, “ Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia Pada Proses Pembelajaran di Kelas XI IPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu”, Jurnal Ilmiah Korpus, vol 1. No. 2, h. 213.

Suryatin, E. (2016). ANALISIS TINDAK TUTUR PADA BALIHO KAMPANYE CALON LEGISLATIF PEMILU TAHUN 2009 DI KALIMANTAN SELATAN. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.26499/und.v12i1.546

Sutrisno, Hotma Simanjuntak, Djon Lasmono, “Analisis Tindak Tutur Pedagang dan Pembeli di Pasar Pemangkat Kabupaten Sambas”, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untan, h. 3-4.

Sutrisno, S., Simanjuntak, H., & Lasmono, D. (2015). ANALISIS TINDAK TUTUR PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Tri Yanti Nurul Hidayati, “Jenis Tindak Tutur Dalam Khotbah Jumat di Masjid Syarqi Kairo Mesir: Kajian Pragmatik”, Jurnal CMES Volume VI Nomor 2, Juli - Desember 2013, h. 185.

Published
2020-09-07
How to Cite
Anggraini, D. (2020). VARIASI TINDAK TUTUR DALAM CERPEN ‘PISPOT’ KARYA HAMSAD RANGKUTI. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.600