Penguatan Kapasitas Pemuda Gereja Dan Penggunaan Media Sosial Di GKS Praiwora Sumba Timur

Main Article Content

Rita Buti
Kurniawati Aseleo
Johanes Marno Nigha
Maria Marga Dalena Selan

Abstract

Pada era digital ruang gerak manusia tidak lagi terbatas pada jangkauan pertemuan fisik. Hal yang sama berlaku  dalam dunia pendidikan maupun dimensi pewartaan gereja masa kini. Budaya digital memungkinkan gereja menjadikannya sebagai medium pewartaan terutama dalam menjangkau para pemuda yang di kenal dengan generasi millennial sebagai generasi pewaris. Oleh karena perlu adanya strategi dalam menjangkau kaum muda dalam memanfaatkan budaya digital ke arah hal yang positif salah satunya sebagai medium pewartaan Kabar Baik. Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang Program Studi Pendidikan Penyuluh Agama, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa telah melakukan Penyuluhan dan Pelatihan kepada Para Pemuda GKS Jemaat Praiwora Sumba Timur tentang Peran Pemuda dan Pemanfaatan Media Sosial sebagai medium pewartaan. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah para pemuda belajar dan paham cara menulis dan menerbitkan sebuah artikel/tulisan sebagai medium pewartaan dalam lingkup media sosial. Para pemuda tidak sekedar menggunakan media sosial sebagai pembuktiaan eksistensi mereka dengan selalu update status  hal-hal tidak begitu penting hanya untuk membuktikan “aku upate, maka aku ada”. Lebih dari pada itu, pemuda gereja dapat memanfaatkan media sosial sabagai bagian dari dunia literasi digital.


Kata Kunci: Pemuda, Media Sosial

Article Details

How to Cite
Buti, R., Aseleo, K., Nigha, J., & Selan, M. (2022). Penguatan Kapasitas Pemuda Gereja Dan Penggunaan Media Sosial Di GKS Praiwora Sumba Timur. Bakti Cendana, 5(2), 86-95. https://doi.org/10.32938/bc.5.2.2022.47-58
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.