Pelatihan Pengolahan Sambal Ikan Teri Berbasis Daya Terima Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Ibrahimy

Main Article Content

Ulfatul Mardiyah
Ramli Ramli
Siti Nur Aisyah Jamil
Lovi Sandra

Abstract

Kegiatan pelatihan pengolahan sambal ikan teri terhadap 12 mahasiswa Universitas Ibrahimy merupakan komponen penting dari proses pendidikan, yang merupakan upaya dasar untuk mempersiapkan mahasiswa untuk perannya di masa depan. Kegitan pelatihan pengolahan sambal ikan teri bertujuan untuk membekali mahasiswa agar dapat menginovasi olahan ikan teri berbasis daya terima konsumen, juga untuk menumbuhkan kreatifitas mahasiswa dalam mengolah produk hasil perikanan. Kegiatan ini diawali dengan tahap persiapan, dilanjutkan dengan tahap penyuluhan segaligus pelatihan, dan yang terakhir adalah tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang pengolahan sambal ikan teri mengalami peningkatan. Selain itu, mahasiswa mampu mempraktekkan metode sederhana analisis sensori (menentukan penerimaan konsumen) sambal ikan teri beserta teknik pengemasannya.


 

Article Details

How to Cite
Mardiyah, U., Ramli, R., Jamil, S., & Sandra, L. (2023). Pelatihan Pengolahan Sambal Ikan Teri Berbasis Daya Terima Konsumen Pada Mahasiswa Universitas Ibrahimy. Bakti Cendana, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.32938/bc.6.2.2023.103-111
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.