Workshop Model-Model Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Joyful Learning
Main Article Content
Abstract
Abstrak Pembelajaran bahasa Jawa berlangsung sudah cukup lama, tetapi dalam pelaksanaan masih mendapat kritik dari berbagai pihak, misalnya penyajian mata pelajaran bahasa Jawa di sekolah masih banyak yang menggunakan pendekatan konvensional, model pembelajaran yang digunakan belum inovatif serta pembelajaran terasa monoton dan kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim pengabdi mencoba memberikan suatu pemikiran tentang alernatif baru yaitu pelatihan model pembelajaran bahasa Jawa berbasis joyful learning. Tujuan program ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam hal model-model pembelajaran bahasa Jawa yang menyenangkan . Guna mencapai tujuan tersebut maka digunakan berbagai macam metode, diantaranya adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab, praktik langsung dan penugasan. Di akhir program dilakukan penilaian untuk melihat tingkat keberhasilan program. Hasil posttest menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman konsep joyful learning sebesar 36%, dari rata-rata nilai pretest 52 menjadi 88. Peningkatan sebesar 36% tersebut tergolong cukup tinggi. Dalam program pengabdian kepada masyarakat tersebut juga dipaparkan beberapa cara yang dapat digunakan agar pembelajaran bahasa Jawa menjadi pembelajaran yang menyenangkan, diantaranya dengan (1) menggunakan humor, (2) menggunakan permainan, (3) menggunakan lagu, (4) menggunakan media sosial, (5) menggunakan outdoor learning atau pembelajaran di luar kelas dan (6) menggunakan ice breaking.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa Jawa, menyenangkan, joyful learning.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor.
Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.