Perancangan dan Pembuatan Sistem Kasir dan Laporan Transaksi Pada Toko Kopi Sebelasduabelas

Main Article Content

Clarissa Elfira Amos Pah
Nicky Albertho Lubalu
Miranda Hasian Sitanggang
Ratna Dewaty Henuk
Juan Rizky Mannuel Ledoh

Abstract

Perhitungan dan Pencatatan transaksi pada Toko Kopi Sebelasduabelas masih menggunakan cara konvensional, yakni menggunakan kalkulator dan pendataan pada buku transaksi sehingga mengakibatkan transaksi menjadi tidak efektif dan efisien. Cara konvensional ini rentan terhadap kesalahan perhitungan dan pencatatan transaksi, serta perekapan laporan transaksi yang memakan waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem kasir dan laporan transaksi yang dapat melakukan pencatatan dan mengeluarkan laporan transaksi penjualan secara otomatis. Pengembangan sistem ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa peningkatan pelayanan penjualan yang lebih baik dari Toko Kopi Sebelasduabelas sebagai UMKM yang sedang berkembang. Sistem ini dapat diakses oleh admin toko, kasir maupun Pelanggan. Pada bagian kasir akan melakukan penginputan pemesanan barang hingga mengeluarkan struk transaksi pembelian, pada bagian admin toko dapat melihat dan mengelola semua menu kasir, profil toko, hingga laporan transaksi, dan pelanggan dapat melihat halaman profil toko. Pengembangan sistem kasir dan laporan transaksi ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, oleh karena itu harus dilakukan dengan metode pengabdian atau tahapan sistematis untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tahapan yang dilakukan antara lain melalui observasi, perencanaan, implementasi, dan evaluasi.

Article Details

How to Cite
Amos Pah, C., Lubalu, N., Sitanggang, M., Henuk, R., & Ledoh, J. (2023). Perancangan dan Pembuatan Sistem Kasir dan Laporan Transaksi Pada Toko Kopi Sebelasduabelas. Bakti Cendana, 6(2), 165-180. https://doi.org/10.32938/bc.6.2.2023.165-180
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.