EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

EFFECTIVENESS OF USING MULTIMODAL E-BOOK IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

  • Dwita Wahyuni IAIN Pontianak
Keywords: E-book Multimodal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Menulis Paragraf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa. Metode eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Data diambil dari satu kelompok subjek yang sama sebelum dan setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa setelah penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengetahuan mahasiswa meningkat dari rerata 70,20 (pretest) menjadi 85,60 (posttest), sedangkan keterampilan mahasiswa meningkat dari rerata 74,56 (pretest) menjadi 84,12 (posttest). Dari hasil analisis data, Hasil uji-t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan (pretest dan posttest) signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-book multimodal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.  Selain itu, 80% dari total 25 mahasiswa menyatakan menyatakan bahwa e-book multimodal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat menarik  dan 76% mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan e-book multimodal dapat membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran secara lebih baik . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan persepsi positif terhadap penggunaan e-book multimodal. Dengan kata lain, penggunaan e-book multimodal efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi  untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata kuliah lainnya.

References

Al fadda, H., & Liu, C. (2020). The Promises and Challenges of Multimodal Online Learning in Saudi Arabia. Revista Argentina de Clínica Psicológica, XXIX(4), 952–962. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.1506
Dermawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Ilmu Pendidikan, 15(1), 110–123.
Fitriana, F. T., & Renovriska, M. D. (2022). Eksistensi MKDU Bahasa Indonesia Terhadap Generasi Milenial di Era Industri Digital 4.0 (Pasca Pandemi Covid- 19). Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 1–7.
Hafizah. (2021). Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Pena Literasi, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/pl.4.1.12-19
Kaiser, L. (2015). Multimodal Books in a Tertiary Context: Bridging the Gap between Traditional Book Arts and New Technologies. International Journal of the Book, 12(3–4), 11–26.
Listiani, F. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 112–128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883
Lutfi, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Pena Literasi, 3(1), 36. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.323-328
Munawwarah, Jusniar, Sumiati, & Nurhayati. (2022). Pengembangan E-Book Multimodal sebagai Bahan Ajar Interaktif dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 77–82. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15315
Nurdini, N., Sari, I. M., & Suyana, I. (2018). The Effectiveness of Physics E-book that Contains Balance of Scientific Literacy Aspects in Increasing Scientific Literacy Skills: A Case Study to 32 Students in One of Public Senior High School in Bandung. International Conference on Mathematics and Science Education, 3(Query date: 2020-08-14 14:24:03), 276–280. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/article/view/185
Sari, F. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Menggunakan Media Google Classroom. Primary Education Journal (PEJ), 1(4).
Susetyo, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Android. Pena Literasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.288-296
Published
2023-04-29
How to Cite
Wahyuni, D. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/4309