EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BOOK MULTIMODAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
EFFECTIVENESS OF USING MULTIMODAL E-BOOK IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa. Metode eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest and posttest design. Data diambil dari satu kelompok subjek yang sama sebelum dan setelah perlakuan. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Pontianak yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa setelah penggunaan e-book multimodal dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengetahuan mahasiswa meningkat dari rerata 70,20 (pretest) menjadi 85,60 (posttest), sedangkan keterampilan mahasiswa meningkat dari rerata 74,56 (pretest) menjadi 84,12 (posttest). Dari hasil analisis data, Hasil uji-t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa perbedaan nilai pengetahuan dan keterampilan (pretest dan posttest) signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-book multimodal memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, 80% dari total 25 mahasiswa menyatakan menyatakan bahwa e-book multimodal yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sangat menarik dan 76% mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan e-book multimodal dapat membantu mereka dalam memahami materi pembelajaran secara lebih baik . Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan persepsi positif terhadap penggunaan e-book multimodal. Dengan kata lain, penggunaan e-book multimodal efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan minat mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata kuliah lainnya.
References
Dermawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Ilmu Pendidikan, 15(1), 110–123.
Fitriana, F. T., & Renovriska, M. D. (2022). Eksistensi MKDU Bahasa Indonesia Terhadap Generasi Milenial di Era Industri Digital 4.0 (Pasca Pandemi Covid- 19). Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 1–7.
Hafizah. (2021). Kemampuan Menulis Makalah Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Pena Literasi, 4(1), 12–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/pl.4.1.12-19
Kaiser, L. (2015). Multimodal Books in a Tertiary Context: Bridging the Gap between Traditional Book Arts and New Technologies. International Journal of the Book, 12(3–4), 11–26.
Listiani, F. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 112–128. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4883
Lutfi, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Pena Literasi, 3(1), 36. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.323-328
Munawwarah, Jusniar, Sumiati, & Nurhayati. (2022). Pengembangan E-Book Multimodal sebagai Bahan Ajar Interaktif dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 77–82. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15315
Nurdini, N., Sari, I. M., & Suyana, I. (2018). The Effectiveness of Physics E-book that Contains Balance of Scientific Literacy Aspects in Increasing Scientific Literacy Skills: A Case Study to 32 Students in One of Public Senior High School in Bandung. International Conference on Mathematics and Science Education, 3(Query date: 2020-08-14 14:24:03), 276–280. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/article/view/185
Sari, F. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Menggunakan Media Google Classroom. Primary Education Journal (PEJ), 1(4).
Susetyo, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Android. Pena Literasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.288-296
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0