MARIA EMERENSINA TAHU UPAYA PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PERDAGANGAN ILEGAL DI WILAYAH PERBATASAN NKRI DAN RDTL SEGMEN MOTAMASIN KABUPATEN MALAKA TAHUN 2015 - 2017 Studi Penelitian Di Kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan

Main Article Content

MARIA EMERENSIANA TAHU

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya merupakan suatu studi penelitian kelembagaan pada organisasi pemerintahan di dalam sistem pemerintahan negara. Pilihan terhadap studi penelitian kelembagaan dikarenakan berbagai temuan-temuan dan kajian terhadap organisasi-organisasi tersebut kurang maksimal.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pemerintah sebenarnya sudah dilaksanakan dengan baik namun belum optimal. Belum optimalnya upaya pemerintah ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yaitu antara lain: faktor minimnya sarana prasarana penunjang, kawasan perbatasan yang belum  dikelola dengan baik dan belum adanya konsep pembangunan yang jelas, komprehensif dan integratif, serta minimnya dorongan aktivitas ekonomi membuat hampir sebagian besar daerah perbatasanbelum optimal, sehingga mengakibatkan terjadinya perdagangan ilegal.


Dengan demikian disimpulkan bahwa upaya pemerintah pada hakekatnya sangat dibutuhkan   dalam   pembangunan   dan   perkembangan   suatu   Bangsa   dan   Negara.   Upaya pemerintah adalah suatu keputusan yang diambil oleh pemerintah dalam melakukan sesuatu atau tidak melakukan untuk tujuan tertentu. Alternatif solusi dalam penyelesaian masalah di  perbatasan,  disarankan  agar  pihak  pemerintah  dapat  berkoordinasi  dengan  instansi terkait dalam hal pemenuhan sarana pasar sebagai pasar perbatasan dan meningkatkan pengamanan perbatasan sehingga perdagangan ilegal dapat diminimalisir di wilayah perbatasan NKRI-RDTL Motamasin Kabupaten Malaka.

Article Details

Section
Articles