MINIMALISASI TINGKAT PLAGIAT KARYA ILMIAH MAHASISWA MELALUI WORKSHOP SOFTWARE PLAGIARISM CHECKER X
Abstract
Salah satu upaya untuk minimalisasi tingkat plagiat di kalangan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir adalah optimalisasi studi literatur dan melakukan pengecekan tingkat plagiat menggunakan aplikasi standar seperti Plagiarism CheckerX. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir dengan tingkat plagiasi tidak lebih dari 30%. Oleh sebab itu, sebanyak 83 mahasiswa telah mengikuti kegiatan workshop penggunaan software Plagiarism CheckerX serta dijelaskan teknik memperbaiki hasil plagiat jika lebih dari 30%. Angket merupakan alat evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ini. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa sebesar 89% mahasiswa memahami materi yang disampaikan dan memahami teknik mengecek plagiat serta memperbaiki hasil plagiat tersebut.
References
Al Musthafa, S., Abdillah, A., AK, K. R., Mandailina, V., Pramita, D., & P.N, H. R. (2019). DASS Application: Increasing the Quality of Academic Services for Lecturers and Students. International Journal of Scientific Research and Management, 7(01). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v7i1.ec03
Algaelovia. (2013). Definisi, Jenis, dan Contoh Kasus Plagiarisme. In 19 November.
Arista, R. F., & Listyani, R. H. (2015). Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa. In Paradigma (Vol. 3, Issue 2).
Farhat, L. (2019). Upaya Pencegahan Tindakan Plagiarisme untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Dalam Pembimbingan Tugas Akhir (Skripsi) Bagi Mahasiswa STIE Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 4(2), 326. https://doi.org/10.33087/jmas.v4i2.114
Hadna, I. N. (2014). Peran Perpustakaan Dalam Mengembangkan Institutional Repository di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pustakaloka, 6(1), 13–22.
Hakim, G. (2018). Perlindungan Hukum Pencipta yang Dirugikan Haknya atas Tindakan Plagiarisme. Halu Oleo Law Review, 2(1), 416. https://doi.org/10.33561/holrev.v2i1.4199
Kowanda, A., Siregar, I. P., Lie, J., Irmawati, N. F., & Purnamasari, D. (2014). Pengukur semantic similarity pada artikel web dalam upaya pencegahan plagiarisme. Kommit, 8(Kommit), 33–40.
Kurniawan, T. (2016). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Repositori Institusi. Pustakaloka, 8(2), 231–243.
Mandailina, V., Pn, H. R., & Ak, K. R. (2017). JISYM : Desktop Application to Increase Lecturer Publication Ratio. International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology, 4(11), 197–201.
Mulyana, I., Chairunnas, A., & Maesya, A. (2015). Identifikasi Plagiasi Karya Ilmiah berbasis Temu Kembali Informasi Menggunakan Algoritam Edit Distance Melalui Peringkasan Teks Otomatis. Jurnal Senatek, 1(1), 866–874.
Putra, D. A., & Sujaini, H. (2015). Implementasi Algoritma Rabin-Karp untuk Membantu Pendeteksian Plagiat pada Karya Ilmiah. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 4(1), 66–74.
Santoso, H. (2015). Pencegahan Dan Penaggulangan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Di Lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Univesitas Negeri Malang, 1, 1–23.
Silvana, H., Rullyana, G., & Hadiapurwa, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Tindakan Plagiarisme Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Edutech, 16(3), 338. https://doi.org/10.17509/e.v16i3.8508
Sulistyaningsih, L. (2017). Plagiarisme, Upaya Pencegahan, Penanggulangan dan Solusinya. Jurnal Pustaka Ilmiah, 3(1), 320–328.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84
Copyright (c) 2021 Bakti Cendana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.