Pencegahan Penularan COVID-19 Melalui Penguatan Perilaku Siswa dan Guru SDK Seoam 1 Eban Kecamatan Miomaffo Barat

Main Article Content

Grandianus Seda Mada
Dicky Frengky Hanas
Lukas Pardosi
Welsiliana Welsiliana
Didi Prasetyo Benu
Marselina Theresia Djue Tea
Dira Asri Pramita
Desta Gloria Siahaan

Abstract

Salah satu alasan sekolah masih belum dibuka secara penuh hingga kini adalah potensi terjadinya penularan melalui siswa-siswa yang berkumpul dalam waktu lama di ruang tertutup. Beberapa penelitian menunjukan bahwa menutup sekolah akan memperlambat perkembangan infeksi. Namun, langkah-langkah yang lebih luas seperti social distancing, terbukti memiliki efek pengendalian yang lebih besar. Risiko dari pembukaan sekolah akan bergantung pada seberapa baik sekolah mengendalikan penularan, misalnya dengan penggunaan masker dan membatasi okupansi. Oleh karena itu, perlu dilakukan kembali penguatan perilaku untuk mencegah penularan penyakit Covid-19 kepada siswa dan guru. Bentuk Kegiatan Pengabdian yang dilakukan adalah pembagian masker dan edukasi mengenai dampak penyakit Covid-19 kepada siswa dan guru SDK Seoam 1 Eban, Kefamenanu. Hasil dari kegiatan ini adalah para siswa dan guru dapat melakukan protokol kesehatan secara sadar dan benar yaitu melalui 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.


 


Kata Kunci: Covid-19, Protokol Kesehatan, Guru dan Siswa

Article Details

How to Cite
Mada, G., Hanas, D., Pardosi, L., Welsiliana, W., Benu, D., Djue Tea, M., Pramita, D., & Siahaan, D. (2021). Pencegahan Penularan COVID-19 Melalui Penguatan Perilaku Siswa dan Guru SDK Seoam 1 Eban Kecamatan Miomaffo Barat. Bakti Cendana, 4(2), 1-7. https://doi.org/10.32938/bc.4.2.2021.1-7
Section
Articles

References

Faijah, F dan Nurlaila. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kemampuan Cuci Tangan pada Anak di TK Mekarsari Ambalresmi. The 10th University Research Colloqium 2019 pp 8-13.

Flasche, S and W. John Edmunds. 2021. The Role of Schools and School-Aged Children in SARS-CoV-2 Transmission. The Lancet Infectious Diseases, Dec. 2020, p. S1473309920309270. DOI.org (Crossref), doi:10.1016/S1473-3099(20)30927-0.

Juliawan, D.G., N.K.A. Mirayanti dan N.A. Parwati. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1):11–20. doi:10.36474/caring.v3i1.124.

Li, W., J. Lu., S. Liu., Z. Chang., C. Peng., X. Liu., P. Zhang., Y. Ling., K. Tao and J. Chen. 2020. Characteristics of Household Transmission of COVID-19.” Clinical Infectious Diseases, 71(8) :1943–1946. doi:10.1093/cid/ciaa450.

Munro, A.P.S and S. N. Faust. 2020. Children Are Not COVID-19 Super Spreaders: Time to Go Back to School. Archives of Disease in Childhood, 105 (7): 618–19. doi:10.1136/archdischild-2020-319474.

Sari, M.K. 2020. Sosialisasi Tentang Pencegahan Covid-19 Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1) : 81–83. doi:https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9821.
Susantiningsih, T., R. Yuliyanti., K. Simanjuntak dan Arfiyanti. 2018. PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Untuk Masyarakat RT 007/RW 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2) : 75-84. doi:10.24912/jbmi.v1i2.2889.

Yakob, M., M.T. Hidayat., A. Suciani dan P. Nucifera. 2020. Strategi Pencegahan Penularan Virus COVID-19 Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur. International Journal of Community Service Learning, 4 (3) : 209-214. doi:10.23887/ijcsl.v4i3.29095.

Yuhanna, W.L dan M. Mumtahanah. 2019. Upaya Meningkatkan Kebiasaan Mencuci Tangan melalui Hand Washing Dance pada Siswa PAUD Al Abror Desa Bulakrejo Kabupaten Madiun. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1) : 13-19. doi:10.32672/btm.v1i1.1178.