Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia

Main Article Content

Ardy Imanuel Tahun
Yoseph P.K Kelen

Abstract

Artikel ini berjudul ‘‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia”, Bagaimana penerapan Numbered Heads Together (NHT) berbasis Multimedia agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema phytagoras ?, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  matematika pada materi teorema phytagoras dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  VIIIA di SMP Negeri Tobala pada semester genap Tahun 2018/2019 yang berjumlah  20 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 (tujuh butir soal). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dimana pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua yaitu melakukan tes. Dengan Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal adalah 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together (NHT) hasil belajar siswa meningkat ,hal tersebut dibuktikan pada siklus I persentase ketuntasan 65% siswa yang mengikuti tes 19 0rang atau 1 tidak hadir, yang tuntas 13 orang , dan aktivitas siswa cukup baik  serta akitivitas guru juga baik. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa 20 orang, 17 orang tuntas dengan kategori sangat baik untuk siswa dan guru. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil matematika materi teorema phytagoras pada siswa SMP Negeri Tobala tahun ajaran 2018/2019.©2018 dipublikasikan oleh JSLK.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto ,dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi askara

Bantaika, O. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Strategi
Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Tobala Tahun Ajaran 2014/ 2015

Dewi, L. (2013). http://biologi¬-lestari.blogspot.co.id/2013/03/konsep-belajar-dan- pembelajaran.html

Haniyah, L. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63918/Lailatul%20Haniyah.pdf?sequence=1.

Mazidah, S., dkk. (2015). http://alshof.wordpress.com/2015/12/08/makalah-strategi-pembelajaran-kooperatif/.Diakses

Mursito, S. (2016). Solatif (Solusi Siswa Aktif). Sidoarjo: P.T Masmedia Buana Pustaka

Nenena. (2013). http://hidupsmart27.blogspot.co.id/2013/07/materi-matematika-kelas-8-smpmts-bab-5.html?m=1.

Olin, N, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar pada Siswa SMPK Darma Bakti Sto. Oelolok melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tahun Ajaran 2018/2019

Pietersz, F, dkk. (2010). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri I Cisarua. NegeriCisarua.https://www.researchgate.net/profile/Horasdia_Saragih2/publication/ 266604070/links/568a280f08aebccc4e199f17.pdf

suktikno, S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Sukiman. (2013). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yokyakarta: Insan Madani

Sonbay, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Faktorisa Suku Aljabar di SMPK Putra St. Xaverius Kefamenanu Kelas VIIIC Tahun Pelajaran 2016/2017.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Suryono dan Hariyantono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suryabrata, S, dkk. (2013). http://match-edu.blogspot.com/2013/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html. Diakses tanggal 30 Januari 2018.

Sutanto, T. (2011). http://jalurilmu.blogspot.com/2011/10/prestasi-belajar.html.

Tiranto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55-64.

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1), 17-18.