LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Main Article Content

Sudirman Sudirman
Ika Yunita
Aan Juhana Senjaya
Aloisius Loka Son
Farid Gunadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap literasi matematika siswa sekolah menengah pertama pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Indramayu-Jawa Barat, yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Proses dan analisa data dilakukan berdasarkan modifikasi analisis data Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan pengumpulan data, pengkodean, reduksi data, keabsahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi matematika siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Hal ini dilihat berdasarkan persentasi banyaknya siswa yang memperoleh skor literasi matematika dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah secara berturut-turut sebesar 34,04%; 14,89%; dan 51,06%. Dengan demikian, guru perlu menggunakan strategi dan atau model pembelajaran yang inovatif untuk memfasilitasi literasi matematika siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. EDUSAINS: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2): 136-150.

Ginanjar, A. Y dan Widayanti, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Multi Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa di SD/MI. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2): 117-124.

Holis, M. N., Kadir, dan Sahidin, L. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2): 141-152.

Mahdiansyah dan Rahmawati (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menegah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Maulana, A. dan Hasnawati. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2): 1-14.

Miles Matthew B dan Huberman A. Michael. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nugroho, A. T. S. (2020). Metode Kubus Ringkasan Taksonomi Bloom Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Higher-Order Thingking Skill (HOTS) Guna Pengembangan Literasi Matematika dan Mendukung Kecakapan Abad 21. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 128-135.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Student Know and Can Do. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Siswowijoyo, M dan Tiya, K. (2014). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2): 73-90.

Stacey dan Turner. (2014). Assessing Mathematical Literacy. Springer International Publishing AG: New York.

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2): 33-42.

Sudirman. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Himpunan Mahasiswa Ditinjau dari Asal Sekolah. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1): 43-52.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, dan Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 1: 876-884.