Pelatihan Pembukuan Akuntansi Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Di kabupaten Timor Tengah Utara.

Main Article Content

Margareta Diana Pangastuti

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)di Indonesia merupakan salah satu sokoguru perekonomian Indonesia selain koperasi. Perkembangan jumlah UMKM dari tahun ke tahun semakin bertambah..   Perkembangan UMKM baru   terlihat dari sisi jumlahnya saja. Secara umum, khususnya dalam  aspek finansial, hanya sedikit UMKM yang mengalami perkembangan dalam hal kinerja keuangannya yaitu belum membuat pembukuan keuangan dan menyusun laporan keuangan  yang sesuai dengan standar. Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan suatu usaha. Pengelolaan keuangan dapat dilakukan  melalui pembukuan akuntansi.  Akuntansi merupakan proses sistematis untuk  menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan  keputusan  bagi penggunanya.


Objek pengabdian yang dipilih adalah pelaku UMKM yatu kios Deny yang  yang memiliki ijin usaha dan berlokasi di desa Oelninat kelurahan Maubeli. Pelaksanaan  kegiatan Pengabdian  Pada Masyarakat ini dilakukan  dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Serta pendampingan  selama  melaksanakan  pembukuan keuangan  sampai dengan  penyusunan  laporan  keuangan. Kegiatan akan dilakukan  pada bulan April sampai dengan November  tahun 2018. Output  Pengabdian  diharapkan Mitra dapat membuat pembukuan keuangan sesuai standar Akuntansi dan Menyusun Laporan Keuangan dengan baik dan benar.

Article Details

How to Cite
Pangastuti, M. (2023). Pelatihan Pembukuan Akuntansi Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kinerja Keuangan Di kabupaten Timor Tengah Utara. Bakti Cendana, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.32938/bc.6.1.2023.1-11
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.