Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai
DOI:
https://doi.org/10.32938/bc.3.1.2020.1-9Keywords:
matematika dasar, pendekatan realistik, pendidikan anak usia diniAbstract
Penyuluhan yang berjudul Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai mengajukan masalah bagaimana penerapan Pendidikan Matematika Dasar pada anak usia dini. Untuk mengatasi masalah di atas penulis mengajukan konsep agar anak usia dini bisa memahami pelajaran matematika dengan mudah dan menyenangkan. Pada anak usia dini perkembangan kemampuan matematis dimulai sejak kecil, dan berlanjut saat anak-anak berkembang secara mental, fisik, dan sosial, yang berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan dan kemampuan mereka . Pendidikan matematika dapat diberikan kepada anak sejak usia 0-6 tahun. Anak pada usia 0-6 tahun perlu mendapaat perhatian khusus karena pada usis inilah kesiapan mental dan emosional anak mulai dibentuk. Pendidikan anak usia dini (PAUD) ikut serta dalam menjamin mutu pendidikan dan kebrhasilan akademis secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas masukan pendidikan yaitu kesiapan mental dan emosional anak memasuki sekolah dasar. Metode dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif.. Adapun sampel yang akan menjadi responden pada pengabdian ini adalah siswa PAUD Amanah dengan menggunakan analisis inferensial produc moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (5,231 > 1,694). Artinya terdapat hubungan positif yang tinggi atau kuat antara pendekatan realistik dan pemahaman matematika dasar pada anak usia dini
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
Damayanti, Ratna, Dwi dan Wahyuni. 2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Harlan.2008. Matematika untuk PAUD. (http:www.Matematika PAUD.co.id, diakses 25 November 2019
Howard, Gardner.1999. Multiple Intelligences. Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung:Remaja Rosdakarya
Mujib dan Mudjakir.2001.Tumbuh Kembang Anak. Surabaya:Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Sains. Alfabeta, Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.