Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai

Authors

  • Lilis Harianti Hasibuan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Darvi Mailisa Putri
  • Miftahul Jannah

DOI:

https://doi.org/10.32938/bc.3.1.2020.1-9

Keywords:

matematika dasar, pendekatan realistik, pendidikan anak usia dini

Abstract

Penyuluhan yang berjudul Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai mengajukan masalah bagaimana penerapan Pendidikan Matematika Dasar pada anak usia dini. Untuk mengatasi masalah di atas penulis mengajukan konsep agar anak usia dini bisa memahami pelajaran matematika dengan mudah dan menyenangkan. Pada anak usia dini perkembangan kemampuan matematis dimulai sejak kecil, dan berlanjut saat anak-anak berkembang secara mental, fisik, dan sosial, yang berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan dan kemampuan mereka . Pendidikan matematika dapat diberikan kepada anak sejak usia 0-6 tahun. Anak pada usia 0-6 tahun perlu mendapaat perhatian khusus karena pada usis inilah kesiapan mental dan emosional anak mulai dibentuk. Pendidikan anak usia dini (PAUD) ikut serta dalam menjamin mutu pendidikan dan kebrhasilan akademis secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas masukan pendidikan yaitu kesiapan mental dan emosional anak memasuki sekolah dasar. Metode dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif.. Adapun sampel yang akan menjadi responden pada pengabdian ini adalah siswa PAUD Amanah dengan menggunakan analisis inferensial produc moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari  ttabel (5,231 > 1,694). Artinya terdapat hubungan positif yang tinggi atau kuat antara pendekatan realistik dan pemahaman matematika dasar  pada anak usia dini

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta

Damayanti, Ratna, Dwi dan Wahyuni. 2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Harlan.2008. Matematika untuk PAUD. (http:www.Matematika PAUD.co.id, diakses 25 November 2019

Howard, Gardner.1999. Multiple Intelligences. Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung:Remaja Rosdakarya

Mujib dan Mudjakir.2001.Tumbuh Kembang Anak. Surabaya:Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Sains. Alfabeta, Bandung

Downloads

Published

2020-02-06

How to Cite

Hasibuan, L. H., Putri, D. M., & Jannah, M. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Dasar Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Kampung Lapai. Bakti Cendana, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32938/bc.3.1.2020.1-9