Penentuan Rute Terpendek Jalur Pendistribusian Barang di CV. Timor MutisQua Eban dengan Menerapkan Algoritma Floyd-Warshall

Main Article Content

Gemagalgani Seran
Oktovianus R. Sikas
Faustianus Luan

Abstract

Algoritma Floyd-Warshall adalah algoritma untuk mencari lintasan terpendek pada sebuah graf berbobot dengan bobot positif atau negatif, dan algoritma Floyd-Warshall yang menggunakan program dinamis lebih menjamin keberhasilan pendistribusian barang dalam menentukan solusi minimum karena algoritma ini bisa membandingkan semua kemungkinan lintasan pada graf untuk setiap sisi dari semua simpul yang dilewati. Oleh sebab itu, algoritma ini cocok digunakan dalam menghadapi permasalahan penentuan rute terpendek jalur pendistribusian barang di CV. Timor MutisQua Eban. Penentuan rute yang selama ini ditentukan oleh CV. Timor Mutisqua Eban ini pendistribusiannya belum optimal misalnya mereka tidak menentukan rute berdasarkan jarak minimum tetapi memilih mendistribusikan berdasarkan titik tujuan yang saling berdekatan tanpa melakukan perhitungan tentang rute yang memberikan total jarak minimum. Untuk mendapatkan rute yang optimal maka diselesaikan dengan menggunakan algoritma Floyd-Warshall. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penentuan suatu rute terpendek pada jalur pendistribusian barang di CV. Timor MutisQua Eban dengan menerapkan Algoritma Floyd-Warshall, menghasilkan sebuah matriks acuan dengan elemen matriks yang berisi jarak terpendek antar simpul yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan rute terpendek dari satu toko ke toko yang lain dengan cara melihat baris sebagai titk awal dan kolom sebagai titik tujuan. pada matriks tersebut, dapat ditentukan jarak terpendek jalur pendistribusian barang dari CV. Timor Mutisqua Eban ke titik tujuan yaitu  dengan jarak 69,89 km.


 

Article Details

How to Cite
Seran, G., Sikas, O. R., & Luan, F. (2024). Penentuan Rute Terpendek Jalur Pendistribusian Barang di CV. Timor MutisQua Eban dengan Menerapkan Algoritma Floyd-Warshall. Journal of Mathematics Theory and Applications, 2(2), 34–42. https://doi.org/10.32938/j-math22202434 - 42
Section
Articles

References

Anin, R. (2015). Evaluasi Sistem Kompensasi Karyawan. 3(2), 373–380.

Aprian, R., & Novandi, D. (2007). Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek ( Single Pair Shortest Path ). 1–5.

Herlambang R. Indra, Fauzan N. Mohamad, F. S. N. R. (2021). Penentuan Rute Terpendek Pendistribusian Barang. 20(3), 430–439.

Komarullah, Y. (2013). Penerapan Metode Graf Dan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Lintasan Terpendek Program Studi Matematika.

Nawagusti, V. A., Nurdin, A., & Aryanti. (2018). Penentuan Rute Terpendek Pada Optimalisasi Jalur Pendistribusian Barang Di Pt. X Dengan Menerapkan Algoritma Floyd-Warshall. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, 5764. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/senati/ article/view/314

Purwananto, Y., Purwitasari, D., & Wibowo, W. A. (2005). implementasi dan Analisis Algoritma Pencarian Rute Terpendek di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Dan…, 10(2),94–101.

http://ppm.ittelkom.ac.id/jurtel/images/ Volume10Desember2005/implementasi dan analisis algoritma pencarian rute terpendek.pdf.