Penerapan Metode Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMPN Satap Heut’utan
Keywords:
constructivism, writing, narrationAbstract
Writing is one of language comprehensions used to indirect communication to other people. Narration writing skill is one of language comprehension aspects taught in Indonesian language teaching. Narration writing skill of students at first grade of SMPN Satap Heut Utan is still in low category. Furthermore, it is necessary to find solution to increase writing skill. This research aims at increasing narration writing skill using constructivism theory to those students in academic year 2017/2018. Method used in this research class action research to describe students’ comprehension in writing narrative text by noticing mark, spelling, diction, sentence arrangement and paragraph developing. Based on analysis, it can be concluded that, narration writing skill of those students is increasing. It can be shown by narration writing score by using five aspects with score 1 % for mark, 2 % for spelling, 3 % for diction and vocabulary, 4 % for sentence arrangement and 5 % for paragraph developing.
References
Gorys Keraf .1982. Argumentasi dan narasi. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hanafiah. 2009. Konsep Strategi pembelajaran. Jakarta: PT Refika Aditama.
Hasan Alwi. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Jakarta..
Hamzah. 2006. Metode Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hadi Wiyono 2007: 127. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit palanta.
Sobry Sutikno 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Holistica Lombok.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Bandung.
Tarigan. 1981: 3. Menulis, Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Peneltian Tindakan Kelas. Bandung.
Widoyoko. 2009. Evaluari Program Pembelajaran. Yogyakarta: Puskata Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0