LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI PADA PERCAKAPAN ANAK PENDERITA DOWN SYNDROM DI SLB TUNAS BANGSA KABUPATEN BLITAR

  • Miza Rahmatika Aini Universitas Islam Balitar
  • 2Andiwi Meifilina Universitas Islam Balitar
  • Bahrul Ulum Universitas Islam Balitar
Keywords: Lokusi, Ilokusi, Perlokusi, Down Syndrome

Abstract

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang penting bagi manusia, peristiwa tutur dan tindak tutur merupakan bagian dari bahasa. Ketika seseorang berbicara, maka ada lawan bicaranya yang akan merespon ucapannya. Pada penderita down syndrom maka seringkali tindak tutur ucapan terasa sulit diartikan. Karena itu peneliti akan mengobservasi tingkat lokusi, ilokusi dan perlokusi penderita down syndrom yang bersekolah di SLB Tunas Bangsa Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dimana lima penderita down syndrome dipancing dengan beberapa pertanyaan wawancara. Hasil dari tanggapan dianggap sebagai data akan dianalisis sebagai hasil dan pembahasan.Hasil dari observasi dan penelitian yang dilakukan di SLB Tunas Bangsa bahwa 10 dari sample penderita down syndrome yang diteliti mengalami kegagalan penangkapan informasi sebagai mitra tutur terhadap penutur I. Pada kesimpulannya penderita down syndrom tidak memiliki ilokusi dan perlokusi yang baik terhadap mitra tutur. Penderita down syndrom tidak dapat menaggapi rangsangan baik berupa penyataan, pertanyaan maupun kalimat perintah.

References

Aulia Martha, A., Purwanti, S., & Dristiana Dwivayani, K. (n.d.). Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Down syndrome di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Samarinda. JCS: Journal of Communication Studies, 2, 27–36.
Aulia Nida, N. (2022). An Analysis Of Parents’ Speech Act In Scolding Their Children. 82–91.
Batubara, C., Nopita, D., & Subroto, G. (2022). English Language Teacher Speech Act. Student Online Journal, 3(1), 318–323.
Chamidah, A. N., Universitas, ), & Yogyakarta, N. (n.d.). INTERVENSI DINI GANGGUAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI PADA ANAK DOWN SYNDROME.
Lotu, Y. K., Huan, E., & Bili Bora, D. I. (2023). The Illocutionary Acts Used By An English Lecturer In The Teaching And Learning Process At The English Study Program Of Nusa Cendana University. SPARKLE Journal of Language, Education and Culture, 2(1), 34–41.
Muchtar, I. N. (2016). The Essay of Locutionary, Illocutionary and Prelocutionary Expression in Mario Teguh Golden Ways Show. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Salsabila, D. R., & Suprijadi, D. (2021). The Analysis Of Locution, Illocution, And Perlocution Speech Acts In Mata Najwa TRANS 7. Professional Journal of English Education, 4(6), 1030–1036.
Sapir, E. (1921). Language An Introduction To The Study Of Speech.
Yule, G. (1996). Pragmatics (H. G. Widdowson, Ed.). Oxford University Press.
Published
2023-12-31
How to Cite
Aini, M., Meifilina2., & Ulum, B. (2023). LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI PADA PERCAKAPAN ANAK PENDERITA DOWN SYNDROM DI SLB TUNAS BANGSA KABUPATEN BLITAR. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(03), 85-92. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6050