EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMIDI SEKOLAH DASAR INPRES MOTAMARO KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU
DOI:
https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5906Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Daring, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dalam masa pandemi dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran daring dalam masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini di Sekolah Dasar Inpres Motamaro Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan keseluruhan perolehan dari hasil angket respon siswa adalah dengan jumlah total persentase 73,81% masuk dalam kriteria interpretasi (61 – 80%) dengan kategori baik, artinya implementasi pembelajaran dari pada masa pandemi covid 19 berjalan dengan efektif dan tidak mengurangi esensi dari proses belajar mengajar yang seharusnya pada jenjang sekolah dasar Motamaro. Faktor penghambat dari pembelajaran daring pada masa pandemi terdiri dari beberapa faktor yaitu a) faktor ketersediaan perangkat dan jaringan oleh orang tua dan siswa, b) keterbatasan pengetahuan penggunaan aplikasi oleh guru dan orangtua, c) keterbasatan sosial ekonomi orangtua dan siswa terkait dengan pendanaan pembelajaran daring masa pandemi.
References
Mirzon Daheri, dkk. 2020. Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu Pembelajaran Pendidikan Dasar, Volume 4, No.4.
Ermayulis. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. Riau. Intelektual Negeri Serumpun.
Yusuf Bilfaqih dan Qomarudin, N, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: DEEPUBLISH,
Albert Efendi Pohan, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Grobogan: CV Sarnu Untung
Nizam, dkk. 2020. Pembelajaran Daring. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan.
Yusuf Bilfaqih, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: Deepublish
Oktavian, Salsabila, dkk. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindansari III. Tangerang: Universitas Muhammadiyah.
Sulisworo. 2020. Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: Media Markumi. Suharto, dkk. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak jauh. Pekalongan: Dinas Pendidikan.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 8293.
Hilna, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Volume 4, No.4.
Heryana. 2018. Informan dan Pemilihan dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Ambar. (2017). 15 Macam-macam Media Komunikai – Fungsi Diakses tanggal 1 Maret 2019, dari fromhttps://pakarkomunikasi.com/macam-macam-media-komunikasi
Heryana. 2018. Informan dan Pemilihan dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1–12.
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery
Hamdani, priatna.2020. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Onlne) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal IlmiahPGSD STKIPSubang, Terbitan
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah. 2016. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JianE telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor.
JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JianE dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JianE: yaitu Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License