EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMIDI SEKOLAH DASAR INPRES MOTAMARO KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU

  • Raimunda Lasi Universitas Timor
  • Anita Lassa Universitas Timor
  • Marthen Patiung Universitas Timor
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dalam masa pandemi dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran daring dalam masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini di Sekolah Dasar Inpres Motamaro Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan keseluruhan perolehan dari hasil angket respon siswa adalah dengan jumlah total persentase 73,81% masuk dalam kriteria interpretasi (61 – 80%) dengan kategori baik, artinya implementasi pembelajaran dari pada masa pandemi covid 19 berjalan dengan efektif dan tidak mengurangi esensi dari proses belajar mengajar yang seharusnya pada jenjang sekolah dasar Motamaro. Faktor penghambat dari pembelajaran daring pada masa pandemi terdiri dari beberapa faktor yaitu a) faktor ketersediaan perangkat dan jaringan oleh orang tua dan siswa, b) keterbatasan pengetahuan penggunaan aplikasi oleh guru dan orangtua, c) keterbasatan sosial ekonomi orangtua dan siswa terkait dengan pendanaan pembelajaran daring masa pandemi.

References

Ardini, dkk. 2020. Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19.
Mirzon Daheri, dkk. 2020. Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu Pembelajaran Pendidikan Dasar, Volume 4, No.4.
Ermayulis. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. Riau. Intelektual Negeri Serumpun.
Yusuf Bilfaqih dan Qomarudin, N, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: DEEPUBLISH,
Albert Efendi Pohan, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Grobogan: CV Sarnu Untung
Nizam, dkk. 2020. Pembelajaran Daring. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan.
Yusuf Bilfaqih, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta: Deepublish
Oktavian, Salsabila, dkk. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindansari III. Tangerang: Universitas Muhammadiyah.
Sulisworo. 2020. Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: Media Markumi. Suharto, dkk. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak jauh. Pekalongan: Dinas Pendidikan.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. AlHikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 8293.
Hilna, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Volume 4, No.4.
Heryana. 2018. Informan dan Pemilihan dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Ambar. (2017). 15 Macam-macam Media Komunikai – Fungsi Diakses tanggal 1 Maret 2019, dari fromhttps://pakarkomunikasi.com/macam-macam-media-komunikasi
Heryana. 2018. Informan dan Pemilihan dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1–12.
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery
Hamdani, priatna.2020. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Onlne) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal IlmiahPGSD STKIPSubang, Terbitan
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah. 2016. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2023-12-19
How to Cite
Lasi, R., Lassa, A., & Patiung, M. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMIDI SEKOLAH DASAR INPRES MOTAMARO KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU. JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 4(2), 225-233. https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5906