IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMAN 2 KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Authors

  • Prisyla Debby Naitili Universitas Timor
  • Fidelis Atanus Universitas Timor
  • Herminus Kefi Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5920

Keywords:

Implementasi, kebijakan public, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pembelajaran daring pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kefemenanu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kebijakan pembelajaran daring selain sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus pandemi covid-19 juga merupakan alternatif yang sangat tepat untuk diterapkan khususnya di dunia pendidikan agar kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan meskipun ditengah situasi pandemi. Selanjutnya manfaat dari pembelajaran daring bagi guru maupun siswa yaitu penggunaan Information and Technology (IT) pada akhirnya berdampak pada pemahaman dan kemampuan memanfaatkan IT. Namun kendala yang ditemukan adalah masih terbatasnya sarana dan prasarana serta kemampuan Sumber daya manusia dalam pemanfaatan teknologi untuk menunjang pembelajaran daring. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah melalui pelatihan peningkatan kemampuan pemanfaatan teknologi juga melalui dukungan pengadaan paket internet bagi guru dan siswa oleh pihak pemerintah.

References

Abdul Wahab, Solichin. 2012. .Analisis Kebijakan Publik: PT. Bumi Aksara: Jakarta
Abdul Wahab, Solichin. 2006. Analisis Kebijakan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Bumi Aksara: Jakarta
A.G, Subarsono, 2013, Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Praktik, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
____. 2009. Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Alfabeta: Bandung.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Budi Winarno, 2007. Kebijakan Publik: Teori dan Proses, Yogyakarta: Media Pressindo
____. 2002. Kebijakan Publik, Teori dan Proses, Yogyakarta: Media Presindo
Grindle, Marilee. S. 1980. Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton University Press:New Jersey.
Koentjaraningrat. 1993. Metode- Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Gramedia: Jakarta
Moleong, L J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung.
Moleong Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya: Bandung.
Nugroho, Riant. (2009). Publik Policy. Elex Media Komputindo: Jakarta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
____. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung
Sutojo. 2015. Good Corporate Governance. PT Damar Mulia Pustaka:Jakarta.
Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. AIPI:Bandung.
Arifin Tahir, 2014, Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Alvabeta : Bandung
Peraturan Mentri Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan dalam masa darurat penyebaran covid-19
Instruksi Gubernur Nomor 443/04/PK/20 tentang pelaksanaan tatanaan normal baru pada satuan pendidikan di provinsi Nusa Tenggara Timur
Surat edaran bupati Timor Tengah Utara Nomor 20/2/BU tentang penyesuaian penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021
Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalm rangka percepatan penanganan covid-19
Peraturan Mentri nomor 19 tahun 2020 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Naitili, P. D., Atanus, F., & Kefi, H. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMAN 2 KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 4(2), 234–242. https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5920