IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENATAAN PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA ( Studi Kasus Di Pasar Baru Kabupaten Timor Tengah Utara )

Authors

  • Apriana Erwinda Kefi ILMU ADMINISTRASI NEGARA
  • Wilfridus Taus Universitas Timor
  • Tri Anggraini Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jan.v6i2.6115

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Penataan Pasar, Pasar Tradisional

Abstract

Apriana Erwinda Kefi. NPM : 22190147. Judul Skripsi : “Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penataan Pasar Tradisional Di Kabupaten Timor Tengah Utara (Studi Kasus Di Pasar Baru Kabupaten Timor Tengah Utara)”. Dibimbing oleh Wilfridus Taus,S.Sos.,M.AP dan Tri Anggraini S.IP.,MPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam mempertahankan penataan pasar tradisional. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang didapatkan berasal dari informan. Untuk mencari informan dalam penelitian ini di lakukan dengan sistem purposive sample (pengambilan dengan sengaja) dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Komunikasi, implementasi kebijakan yang selama ini dijalankan sudah sesuai dengan komunikasi yang mereka lakukan dan juga sikap dan tanggungjawab dari para pegawai diterima dengan baik oleh para pedagang dan pembeli. Sumber Daya, memiliki hubungan yang baik antara instansi-instansi terkait didalam penataan pasar dan mereka juga telah menjalankan kebijakan yang ada. Kesimpulannya bahwa penataan pasar tradisional merupakan salah satu implementasi kebijakan pemerintah daerah yang bertujuan untuk melakukan penataan pasar tradisional. Dari pengimplementasian kebijakan pasar sudah dijalankan dengan baik dan secara bertanggungjawab dan dirasakan oleh para pedagang dan pembeli.

References

Abdul Wahab, Solichin 2008. Analisis Kebijakan dari Formasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara
Agustino Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Basri, H. 2014. Menggunakan Penelitian Kualitatif dalam Studi Akuntansi dan Manajemen. Jakarta: LP3ES.
Basu Swasta. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Media Presindo.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Ekowati, Mas Roro Lilik. 2009. Perencanaan, Implementasi, & Evaluasi Kebijakan atau Program. Surakarta: Pustaka Cakra.
Esterberg, Kristin G. 2002. Qualitative Metthods In Social Research. New York: Mc Graw Hill. Sebagaimana dikutip oleh Sugiyono dalam bukunya yang berjudul “ Metode Penelitian Kualitatif “. Bandung: Alfabeta.
Keban, Yeremias T. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Kunjana Rahardi, R.2010. kajian Sosiolinguistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mazmanian dan Sabatier. 2008. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Badan Penerbit Kristen.
Miles, Mathew B dan Huberman, Michael A. 1992. Analisa Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press (UI-PRESS), 2007.
Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. 2010. Metode Penelitian Akuntasi, dalam Penelitian Kualitatif. Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia: Penerbit University Kebangsaan.
Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Nasution. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nugroho, Riant. 2003. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT Elek Media Kompotindo. Prianto, Agus. 2008. Ekonomi Mikro Pasar Tradisional. Malang: SETARA Press.
Nugroho, Riant. 2011. Publik Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Prianto, Agus. 2008. Ekonomi Mikro Pasar Tradisional. Malang: SETARA Press.
Sadilah, Emiliana. Dkk. 2011. Eksistensi Pasar Tradisional Relasi dan Jaringan Pasar Tradisional. Yogyakarta: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Nasiona.
Sinaga, Pariaman. 2006. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta : Tidak Diterbitkan.
Stice dan Skousen. 2007. Akuntansi Keuangan. Edisi Enam Belas. Jakarta: Salemba Empat.
Sunarti, E. 2012. Tekanan Ekonomi dan Kesejahteraan Objektif Keluarga Dipedesaan dan Perkotaan. Bogor: LPPM.
Suriasumanti dalam Sugiyono 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, Affan. 1998. Public Policy-Kebijakan Pemerintah. Bandung: Buku Ilmu Pemerintahan Program Magister Ilmu-ilmu Sosial pada Institut Ilmu Pemerintahan Kerjasama UNPAD-IIP.
Tulus Tambunan 2020, Pasar Tradisional dan Peran UMKM. Bogor: IPB Press .

Sumber Lain : Jurnal/Skripsi/Website Internet
Jurnal Sulistyowati 2010. Penataan Pasar Tradisional Online: http://www.scribd.com/http://www.psychologymania.com. Diakses pada hari Senin 14 Juni 2014, Pkl 14.20 WIB.
Jurnal Wicaksono 2011. Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintaro Demak. Semarang: Universitas Diponegoro
Masitoh, Eis, 2013, Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional (Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul), Jurnal PMI Vol. X. No. 2.
Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Pasar Tradisional.
Skripsi : Implementasi Kebijakan Silviani, Lutfiyatus (2012), Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Di Kota Malang (Studi Terhadap Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 12 Tahun 2004 Tentang Pengelolaan Pasar Dan Tempat B0erjual). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Skripsi :Implementasi Kebijakan Camelia Rizki Hana (2022), Implementasi Kebijakan Penataan Psar Tradisional dan Toko Modern Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Jombang. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Skripsi : Muhammad. Mahmudah Mulia (2013). Peranan Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Penataan Pasar Tradisional (Studi kasus Pasar Sabtu di Gorontalo). Universitas Islam Negeri Alauddin.
Pengertian Pasar Tradisional, Contoh dan Kegiatannya. http://detik.com, diakses pada hari Kamis 21 Juli 2022, Pkl 15.22 WIB.
Pasar Tradisional: Pengertian, Ciri dan Bedanya dengan Pasar Modern. http://kompas.com, diakses pada tanggal 24 Oktober 2022, Pkl 07.05 WIB.
Barang Dagangan Diangkut Pol PP, Penjual Sayur di Terminal Bus Kefamenanu Menangis Histeris. http://VoxNtt.com, diakses pada tanggal 16 Mei 2020, Pkl 10.00 WITA.
Revitalisasi Pasar Tradisional. http://vanadiraha.com, diakses pada tanggal 7 Januari 2014, Pkl 14.30 WIB
Pengertian Dokumen Menurut Para Ahli https://www.kumpulanpengertian.com, diakses pada tanggal 2 Agustus 2021, Pkl 17.49 WIB
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Dan Perubahannya Tentang Pemerintah Daerah
Peraturan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun 2021-2026
Peraturan Bupati Timor Tengah Utara Nomor 42 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Timor Tengah Utara
Peraturan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Kefi, A. E., Taus, W., & Anggraini, T. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENATAAN PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA ( Studi Kasus Di Pasar Baru Kabupaten Timor Tengah Utara ). JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 6(2), 99–112. https://doi.org/10.32938/jan.v6i2.6115