EVALUASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI DESA NUNMAFO KECAMATAN INSANA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

  • Regolinda Bikolo Universitas Timor
  • Aplonia Pala Universitas Timor
  • Hendrikus Hironimus Botha Universitas Timor
Keywords: Evaluasi, Pelayanan, Kesehatan.

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Di Desa Nunmafo Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria Efektivitas kebijakan yang diukur belum efektif karena masih kurangnya kepedulian dari lansia dalam menghadiri kegiatan posyandu. Efisiensi berhubungan dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk meningkatkan tingkat efektifitas tertentu. Kriteria kecukupan dapat dikatakan sudah mampu memenuhi kebutuhan dari kelompok sasaran posyandu lansia. Responsivitas dalam penelitian ini terdapat adanya respon positif terkhususnya dari kalangan masyarakat lansia yang menerima layanan dan yang mengikuti pelaksanaan program posyandu lansia di desa Nunmafo. Ketepatan merujuk pada nilai dari tujuan program kebijakan dan kuatnya asumsi yang melandasi tujuan-tujuan kebijakan. Dalam pelaksanaannya apakah pembagian peran dan tanggung jawab atas kegiatan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan sudah tepat sesuai dengan tujuan dan manfaat, dan dapat membawa dampak perubahan terhadap pelayanan kesehatan dan program kegiatan ini pun membawa dampak positif bagi masyarakat. Kendala atau hambatan dalam menjalankan program posyadu lansia adalah kondisi fisik dari masyarakat lanjut usia yang tidak memungkinkan untuk datang setelah pelaksanaan kegiatan, selain itu kurangnya kepedulian akan kesehatan serta kesadaran atas keberadaan kegiatan posyandu lansia yang telah dibuat.

References

Budiwanto, S. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. UM Press, Malang.

Dunn William N, 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua, Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Efendi, 2010. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Salemba Medika: Jakarta.

Leo Agustino. (2003). Analisis Kebijakan Pembangunan Di Desa Suligi Kecamatan Pendalian Iv Koto Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

http://repository.uin- suska.ac.id/12259/7/7.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Yogyakarta

Nugroho, R. D. (2011). Public Policy; Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan, Edisi Ketiga Revisi. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia di Pusat Kesehatan Masyarakat.

Ratnawati, E. (2017). Asuhan Keperawatan Gerontik. Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia.Pustaka Baru Press.

Siahaan, R. L. Evaluasi Pelaksanaan Program Pelayanan Lanjut Usia Di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tuna Rungu Wicara Dan Lanjut Usia Pematangsiantar. Welfare StatE, 2(1), 222010.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Tangkilisan, Hesel Nogi S. 2003. Evaluasi Kebijakan Publik. Penerbit Balairung & Co. Yogyakarta

Published
2024-04-30
How to Cite
Bikolo, R., Pala, A., & Botha, H. (2024). EVALUASI PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI DESA NUNMAFO KECAMATAN INSANA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 6(1), 1-9. https://doi.org/10.32938/jan.v6i1.6138