KKN DAN COLLABORATIVE GOVERNANCE MENGGAGAS PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI TINGKAT DESA
DOI:
https://doi.org/10.32938/jan.v6i3.8549Keywords:
Collaborative Governance, Kuliah Kerja Nyata, Pembangunan BerkelanjutanAbstract
Pembangunan berkelanjutan merupakan tantangan global yang memerlukan kolaborasi efektif antara berbagai pemangku kepentingan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai program pengabdian Masyarakat mahasiswa, memiliki potensi besar dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di tingkat desa. Artikel ini mengkaju peran KKN dalam konteks Collaborative Governance, yang mengedepankan partisipasi aktif masyarakat, sinergi sumber daya dan peningkatan kapasitas lokal. Melalui program KKN, mahasiswa tidak hanya memberikan Pendidikan dan penyuluhan tentang praktik berkelanjutan, tetapi juga memberdayakan masyrakat untuk mandiri untuk mandiri secara ekonomidan sosial. Pendekatan Collaborative Governance memungkinkan terjalinnya hubungan yang saling percaya antara mahasiswa dan masy arakat, sehingga menciptakan solusi yang relevan dan efektif. Namun, fantangan seperti keterbatasan sumber daya, perbedaan persepsi, dan kompleksitas koordinasi perlu diatasi agar dampak program KKN dapat maksimal. Dengan demikian, KKN yang diintegrasikan dengan prinsip-prinsip Collaborative Govemance diharapkan dapat menjadi model yang cfektif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia Emas 2045.
References
Brundtland, G. H. (1987). Our Common Future. Oxford University Press.
Chambers, R. (1997). Whose Reality Counts? Putting the First Last. Intermediate Technology Publications.
https://doi.org/10.3362/9781780440453.000
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (5th ed.). Sage Publications.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction 10 Its Methodology (4ih ed.). Sage Publications.
https://doi.org/10.4135/9781071878781
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3rd ed.). Sage Publications.
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (5th ed.). Sage Publications.
Jurnal
Ansell, C, & Gash, A. (2008). Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543-571. httpsy//doi.org/10.1093/jopart/mum032
https://doi.org/10.1093/jopart/mum032
Arnstein, S. R. (1969). A Ladder of citizen Participation. Journal Of the American Institute of Planners, 35(4),216-224.
https://doi.org/10.1080/01944366908977225
United Nations. (2015). Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Devdopment. Retrieved from hitps://sdgs.un.org/2030agenda
Garrison, J. (2020). Collaborative Governance: Theory and Practice in Public Administration. Public Administration Review, 80(4), 621-634. https://doi.org/10.1111/puar.13139
https://doi.org/10.1111/puar.13139
Hardin, G. (1968). The Tragedy Of the Commons Science, 162(3859), 1243-1248
https://doi.org/10.1126/science.162.3859.1243
Rappaport, J. (1987) Terms of Empowerment/Exemlars of Prevention: Toward a Theory for Community Psychology, 15(2),121-148.
https://doi.org/10.1007/BF00919275
Suharto, S. (2020). Implementasi Kuliah Kerja Nyata dalam Pembangunan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Huxham, C, & Vangen, S. (2000). Leadership in the Collaborative Arena. International Journal of Public Sector Management, 13(1), 17-26. https://doi.org/10.1108/09513550010307403
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JianE telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor.
JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JianE dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JianE: yaitu Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License




Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License