Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving Polya

Main Article Content

Sil Gretzia Wolori
Robert Harry Soesanto

Abstract

Pengembangan kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu hal yang hendak dicapai dari pembelajaran dalam bidang matematika. Faktanya, di salah satu sekolah di Jakarta Barat, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Berdasarkan identifikasi masalah ini, maka paper ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 9 melalui penerapan pendekatan problem solving Polya. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Secara garis besar penerapan pendekatan ini dimulai dengan tahap pendahuluan, pengembangan, penerapan, hingga penutup. Kemudian lebih spesifik lagi, pada saat menyelesaikan masalah matematis digunakan langkah-langkah menurut Polya. Setelah penerapan pendekatan ini didapati bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi meningkat. Ini terlihat berdasarkan peningkatan presentase terpenuhinya setiap indikator kemampuan pemecahan masalah pada saat pengerjaan soal. Saran kepada pelaku pendidik yang hendak membahas topik yang serupa yaitu penerapan pendekatan problem solving Polya, adalah dapat memberi latihan soal masalah matematis yang lebih variatif.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 122–131. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.59

Harahap, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Rutin dan Non-Rutin pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3470–3478. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2602

Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80–94. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH.

Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Mahromah, L. A., & Manoy, J. T. (2013). Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Jurnal Jurusan Matematika Unesa, 3(2), 1–8. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230663217.pdf

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Rahim, R., Gumelar, G. R., Chabibah, N., Ritonga, M. W., Musyadad, V. F., Komalasari, D., … Haris, A. (2021). Pendekatan Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahmawati, P. (2018). Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944

Suprapto, N. (2021). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Dengan Penerapan Pengajaran Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas IX DI SMP Negeri 7 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Pedagogiana, 9(8), 108–119. https://doi.org/10.47601/ajp.76

Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pedagodi Matematika, 7(3), 1–10. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/11177

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: UMM Press.

Zendrato, J., Putra, J. S., Cendana, W., Susanti, A. E., & Munthe, A. P. (2019). Kurikulum Bagi Pemula. Sukoharjo: Oase Group.