UPAYA DINAS KESEHATAN KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA DALAM MENGATASI STUNTING DI KELURAHAN SASI KECAMATAN KOTA KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Main Article Content

Maria Prisila Bete Tae

Abstract

ABSTRAK


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara Dalam Mengatasi Stunting Di Kelurahan Sasi Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. 


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa langkah awal mengatasi stunting yaitu  menyebarluaskan informasi melalui penyuluhan tentang pentingnya pola hidup sehat terutama pada praktik pemberian makanan dengan asupan gizi tinggi. Kedua pemberian makanan tambahan pada anak stunting dan ibu hamil, dalam proses pelaksanaan PMT sasaran tidak hadir. Ketiga pemberian obat-obatan pada ibu hamil berupa tablet tambah darah ada yang tidak minum karena faktor ngidam, pada anak berupa vitamin A kurangnya kesadaran orang tua ke Puskesmas saat bulan vitamin A. Keempat pemberian imunisasi, kesadaran ibu hamil mendapatkan imunisasi sudah baik, imunisasi pada anak belum optimal kurangnya pengetahuan dan kesadaran orang tua.


Dengan hasil kesimpulan di atas, maka penulis dapat menyarankan bahwa: untuk pemberian makanan tambahan dalam pelaksanaanya sasaran tidak hadir perlu dipertegas, memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemberian vitamin A dan imunisasi agar meningkatkan pengetahuan orang tua. Bagi masyarakat turut berpartisipasi dalam mengatasi stunting, agar terwujudnya masyarakat Timor Tengah Utara sehat yang mandiri, merata, berkeadilan menuju masyarakat dan sejahtera yang ada pada visi Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Article Details

Section
Articles