KESETARAAN GENDER DALAM BUDAYA PATRIARKI TERHADAP KAUM PEREMPUAN PADA RANAH PUBLIK (KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA PERIODE 2016-2021)

Main Article Content

YULITA HENDERINA PENU

Abstract

Tujuan penelitian Ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perempuan terlibat dalam pemelihan Kepala Desa Seperti Terlibat Dalam: Pembentukan Panitia, kampanye dan pengumutan suara di Desa Fatumnutu Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode Penelitian Yang digunakan adalah metode  yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Keterlibatan Perempuan dalam tahap–tahap proses pemilihan Kepala desa mulai dari tahap pemebentukan panitia, hingga hasil penetapan hasil pemilihan kepala desa dalam pembentukan panitia dilibatkan. Ada beberapa kendala yang di alami pada saat pemilihan kepala desa yaitu pengaruh budaya patriarki, perempuan tidak mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala desa, dan tingkat pemahaman kaum perempuan dalam proses pemilihan kepala Desa Periode 2016-2021 di Desa Fatumnutu Kecamatan Polen Kabupaten Timor Tengah Selatan masih rendah.


Peneliti kepada kaum perempuan Di desa Fatumnutu agar kedepanya perempuan harus diikut sertakaan dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa bukan hanya laki-laki yang berkuasa tetapi kaum perempuan juga mempunyai hak untuk berpolitik. Disaran kanjuga agar perempuan tidak berpegaruh dengan budaya patriarki sehingga perempuan juga setara dengan laki-laki   dalam ranah publik.

Article Details

Section
Articles