Penguatan Numerasi Siswa melalui Model Permainan Rangking 1 di Kabupaten Cianjur

Authors

  • Ari Septian Universitas Suryakancana
  • Nia Jusniani Universitas Suryakancana
  • Elsa Komala Universitas Suryakancana
  • Sarah Inayah Universitas Suryakancana
  • Erma Monariska Erma Universitas Suryakancana
  • Rani Sugiarni Universitas Suryakancana
  • Erwan Setiawan Universitas Suryakancana
  • Soeleman Soeleman Universitas Suryakancana
  • Jenudin Darwati Universitas Suryakancana
  • Dinda Ramadhia H Universitas Suryakancana
  • Andi Sutandi Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7901

Keywords:

numerasi, model permainan rangking 1

Abstract

Numerasi merupakan kemampuan dasar penting dalam matematika, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep numerasi secara mendalam, terutama diwilayah Kabupaten Cianjur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi penguatan numerasi siswa melalui model permainan rangking 1 di kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Suryakancana dan diimplementasikan pada siswa SMA/ SMK di Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini terdiri dari beberapa fase yaitu pemanasan, kompetisi, diskusi, dan feedback, dengan metode  penguatan numerasi yang diterapkan melalui soal-soal numerasi dan permainan interaktif. Siswa diajak untuk menyelesaikan berbagai tantangan numerasi dalam bentuk permainan Rangking 1, yang didesain untuk melatih kemampuan berhitung, logika dan pemahaman konsep matematika secara menyenangkan. Feedback siswa  mengindikasikan bahwa metode ini efektif tidak hanya dalam meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga dalam memperkuat pemahaman numerasi siswa secara umum. Meskipun metode ini efektif dalam menguatkan pemahaman siswa, namun upaya yang lebih luas dan berkelanjutan tetap diperlukan untuk mengatasi rendahnya tingkat  numerasi siswa di Indonesia secara keseluruhan.

References

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. Doi : https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3 .1279.

Fitriyani, dkk. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240-248. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.51914

Haryadi, D. R., dkk. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Terhadap Numerasi Siswa yang Terdampak Gempa Bumi. JE (Journal of Empowerment), 4(2), 150-158.

Hasanah, U & Putrawangsa, S. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUKPEDIKA Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-12. https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika

Magdalena, Wiyanti, & Sulanda. (2024). Asumsi Dasar Desain Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 21–30. Doi : https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i1.2031

Magdalena, Agustin, & Fitria. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10. Doi : https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i1.2027

Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1973.

Ningrum, A. E. K., dkk. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Melalui Game Rangking 1 dengan Materi Umum Bersama Anak Pantoi Asuhan As-Sohwah. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 5(2), 107-112. Doi : https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.2956

Nokas, dkk. (2024). Pelatihan Literasi dan Numerasi bagi Murid Sekolah Dasar Katolik Bokis. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 3(1), 45-52.

OECD. (2019a). Country Note of Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018: Indonesia OECD. Doi: https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

OECD. (2019c). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Qasim, K., & Awaluddin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.

Saronto, Z. A. (2023) Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Doi: https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/34/41

Setyaputri, V. A. Dine, dkk. (2022) Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(2), 127-131. https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/642

Shabrina, L. M.. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. Doi : https://jbasic.org/index.php/basicedu

Susriyanti, S., dkk. (2022) Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi (JPMA). Doi: https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/141

Zuhra, F., dkk. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTs. JMM Jurnal Masyarakat Mandiri. Doi: https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5073

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Septian, A., Jusniani, N., Komala, E., Inayah, S., Erma, E. M., Sugiarni, R., … Sutandi, A. (2024). Penguatan Numerasi Siswa melalui Model Permainan Rangking 1 di Kabupaten Cianjur. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(2), 126–132. https://doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7901

Most read articles by the same author(s)