Pengaruh Perbedaan Dosis Pupuk Bokasi Terhadap Pertumbuhan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

  • Antonius Solo Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nusa Lontar Rote.
  • Yohanis Thonak Program Studi Agroteknologi, Universitas Nusa Lontar Rote
  • Juliana Tungga Program Studi Agroteknologi, Universitas Nusa Lontar Rote
Keywords: arachis hypogaea L., dosis pupuk yang berbeda, pertumbuhan kacang tanah

Abstract

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah komoditi yang potensial di Indonesia selain kedelai. Kacang tanah ini dapat diolah menjadi bahan baku industri makanan dan memiliki sumber protein nabati yang dapat di konsumsi secara langsung. Permintaan kacang tanah terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk sehingga membutukan ketersediaan yang cukup baik. Pupuk adalah setiap bahan yang mengandung unsur hara yang diberikan pada tanah, berbentuk padat atau cair yang dapat memperbaiki kondisi tanah dan menyediakan hara yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk bokasi adalah salah satu jenis pupuk berbahan organik yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mempertahankan fungsi mikroorganisme di dalam tanah sehingga dapat menambah ketersediaan hara serta efektivitas pemupukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan dosis pupuk bokasi terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah. Penelitian ini bertempat di kebun percobaan Universitas Nusa Lontar, Kabupaten Rote Ndao. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial. Pola faktorial yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan sehingga di peroleh 12 unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian dosis pupuk bokasi pada berbagai taraf dapat memberikan pengaruh yang nyata dalam meningkatkan rerata tinggi tanaman dan jumlah cabang. Dalam hal ini pengaruh terhadap pertumbuhan (tinggi tanaman kacang tanah yakni terlihat pada perlakuan B3 (kombinasi pemberian dosis pupuk bokasi 6 gram/tanaman yaitu 34 cm dan jumlah cabang tertinggi yaitu 8,66 cabang.

 

 

References

Anonim. 1995. Effective Microorganisme. Indonesia Kyusei Nature Farming: Jakarta.

Djunaedy, A. 2009. Pengaruh Jenis dan Dosis Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). J. Agrovigor. 2 (1): 42-46.

Dobernann, A. & Fairhurst, T. h. 2002. Rice Straw Management. Better Crops International. Vol. 16: 7-11.

Hariyanto, S., Irawan, B., Soedartitoet T. 2008. Teori dan Praktik Ekologi. Airlangga University Press. Surabaya.

Hasanudin. 2003. Peningkatan Serapan N dan P Serta Hasil Tanaman Jagung Melalui Inkubasimikoriza, Azotobakter dan Bahan Organik Pada Ultisol. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia. 5(2): 83-89.

Ilyas., Syekhfani., & Prijono, S. 2000. Analisis pemberian limbah pertanian abu sekam sebagai sumber silikat pada andisol dan oxisol terhadap pelepasan fosfor terjerap dengan teknik perunut 32P. Risalah Pertemuan Ilmiah Penelitian dan Pengembangan Teknologi Isotop dan Radiasi.

Kaya, E. 2009. Ketersediaan fosfat, serapan fosfat, dan hasil tanaman jagung (Zea mays L.) akibat pemberian bokashi elasagu dengan pupuk fosfat pada ultisols. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan. 9(1): 30-36

Novizan. 2002. Petunjuk Pemupukan Efektif. Agromedia. Jakarta.

Rosmarkam, A. & Yuwono, N. A. 2003. Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius. Yogyakarta.

Sirajuddin, M. dan Lasmini, S. A. 2010. Respon Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays Saccharata) Pada Berbagai Waktu Pemberian Pupuk Nitrogen dan KetebalaMulsa Jerami. J. Agroland 17 (3): 184 - 191.

Sitepu, R. 2013. Pemanfaatan jerami padi sebagai pupuk organic untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi padi. Skripsi. Fak. Pertanian. IPB. Bogor.

Stevenson, F. J. 1994. Humus Chemistry: Genesis, Composition and Reaction. John Wiley and Sons, New York.

Sutrisno. 2004. Studi Dosis Pupuk dan Jarak Tanam Kacang Tanah (Arachis

hypogaeaL.). Pati (ID): Kantor Litbang Kabupaten Pati.

Tim Bina Karya Tani. 2009. Pedoman Bertanam Kacang Tanah. CV. Yrama Widya. Bandung.

Made, U. 2010. Respons Berbagai Populasi Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt.) Terhadap Pemberian Pupuk Urea. J. Agroland. 17 (2): 138 -143.

Published
2022-04-28
How to Cite
Solo, A., Thonak, Y., & Tungga, J. (2022). Pengaruh Perbedaan Dosis Pupuk Bokasi Terhadap Pertumbuhan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Journal Science of Biodiversity, 3(1), 7-13. https://doi.org/10.32938/jsb/vol3i1pp7-13
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.