Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan Tahun 2017
Keywords:
abstrak, ketidakefektifan, skripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidakefektifan penulisan abstrak skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis kesalahan berbahasa yang meliputi identifikasi, diklasifikasi, dan dideskripsikan secara kualitatif berdasarkan teori taksonomi kategori linguistik menurut Tarigan. Hasil dalam penelitian ini diperoleh 22 kesalahan berbahasa dalam penulisan abstrak skripsi mahasiswa dari 30 abstrak skripsi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah di analisis. Dengan berjumlah sembilan (9) kesalahan dalam tataran fonologi, delapan (8) kesalahan dalam tataran morfologi, lima (5) kesalahan dalam tataran sintaksis. Dari 22 kesalahan berbahasa yang terjadi dalam penulisan abstrak, kesalahan yang sering terjadi yaitu kesalahan dalam tataran fonologi yang mencakup modifikasi huruf, eliminasi huruf dan kenaikan atau perluasan huruf.