Pola Komunikasi “Fenomena War Takjil Jadi Candaan Kebersamaan & Toleransi” (Prespektif Etnografi Komunikasi) pada Youtube Official Net News
Keywords:
Etnografi Komunikasi, War Takjil, MultimodalAbstract
Selain toleransi beragama di Indonesia juga terkenal dengan keberagaman dan tradisi. Salah satunya adalah tradisi takjil yang terjadi pada saat bulan Ramadhan. Tradisi ini tidak hanya dinikmati oleh umat muslim namun oleh umat beragama lainnya. Banyak cara yang dilakukan oleh umat beragama lain dalam cara berburu takjil mulai dari pemakaian hijab untuk yang perempuan dan pemakaian baju koko untuk yang laki-laki. Ada yang memandang fenomena ini sebagai candaan dan keunikan karena sebagai salah satu bentuk toleransi terhadap antar agama. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi Hymes dan multimodal Kress & van Leeuwen. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya budaya berburu takjil di bulan ramadan bisa mempererat persaudaraan antar agama yang berbeda. Walaupun kegitan seperti ini biasanya hanya dilakukan oleh kaum Muslim, tapi bisa juga membawa kebahagiaan bagi agama lain. Dalam hasil analisis multi modal menunjukkan bahwa dalam vidio tersebut memberikan infromasi dan manarik tentang fenomena ramadan di Indonesia.