Dimensi Literasi Kritis Digital dan Rekomendasi pada Keterampilan Bahasa : Tinjauan Literatur Sistematis

Authors

  • Sudarsi Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Ansoriyah Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Literasi Kritis, Kewarganegaraan digital, Pendidikan, Keterampilan Bahasa

Abstract

Kemajuan teknologi dan perubahan dalam praktik sosial menuntut peningkatan pemahaman dan keterampilan literasi kritis dalam penggunaan teknologi digital. Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan memetakan elemen dalam isu literasi kritis digitalĀ  yang relevan untuk pendidikan sekolah saat ini dan mengeksplorasi rekomendasinya untuk peningkatan ketrampilan Bahasa. Berdasarkan diidentifikasi dalam literatur akademis dan dokumen kebijakan internasional. Proses tinjauan mengikuti protokol sistematis, dengan pencarian artikel penelitian ilmiah berupa jurnal internasional bereputasi yang memiliki akses terbuka. Sebanyak 30 artikel terseleksi dianalisis. Dimensi utama yang ditemukan meliputi: Keamanan elektronik (E-safety), Partisipasi dan kehadiran, Literasi digital, Literasi media, Kewarganegaraan digital, Literasi teknologi, Literasi informasi, Literasi data, Literasi permainan digital, Pembelajaran daring, dan Kreativitas digital. Temuan ini dapat menjadi landasan pengembangan kerangka kerja literasi kritis digital dalam pendidikan sekolah, membantu pendidik dan pembuat kebijakan merancang program dan kebijakan yang relevan dengan kebutuhan digital siswa saat ini sehingga mendukung keterampilan berbahasa siswa.

Downloads

Published

2024-10-29