Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Jawa Barat
Keywords:
nilai pendidikan karakter, cerita rakyat, Jawa BaratAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai pendidikan karakter dalam Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat yang ditulis oleh Maya Rohmayati dan Yodi Kurniadi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui deskripsi langsung serta penelitian literatur. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan adanya 6 data mengenai nilai pendidikan karakter dalam Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat karya Maya Rohmayati dan Yodi Kurniadi berjudul judul “Lutung Kasarung”, “Sangkuriang”, “Situ Bagendit”, “Hariang Banga dan Ciung Wanara”, dan “Talaga Warna”. Nilai Pendidikan karakter yang ditemukan adalah cinta damai, semangat kebangsaan, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan peduli social. Nilai Pendidikan karakter didominasi oleh karakter tanggung jawab yang paling banyak ditemukan dalam cerita rakyat “Hariang Banga dan Ciung Wanara”.